Sunday, 15 September 2019

Pelestari Budaya Betawi Terima Penghargaan

Rabu, 21 Agustus 2019 — 5:37 WIB
Budayawan Betawi Dapat Penghargaan. (mia)

Budayawan Betawi Dapat Penghargaan. (mia)

JAKARTA – Sejumlah budayawan Betawi merayakan Ultah ke- 37 tahun, Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta Utara.

Acara yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Betawi ini mengusung tema ‘Menjaga, Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Betawi’. Peringatan HUT Bamus ini sekaligus memperingati HUT DKI Jakarta ke 492.

“Diharapkan dalam acara ini Bamus Betawi bisa mengembangkan kebudayaan. Ditambah lagi dengan kemampuan terobosan oleh generasi penerus untuk mengembangkan budaya Betawi,”tutur Syarif Hidayatullah, Sekjen Bamus Betawi, sekaligus Ketua Pelaksana HUT Bamus Betawi.

Selain perayaan peringatan hari berdirinya Bamus Betawi, acara ini sekaligus memberikan penghargaan dan medali penghormatan bagi tujuh pelestari budaya Betawi. Mereka adalah orang-orang yang berjasa dalam melestarikan budaya Betawi hingga dikenal sampai saat ini.

Para pelestari budaya yang menerima penghargaan tersebut diantaranya Syamsudin Combo (Pemilik Rumah Makan Sayur Gabus), Supandi (Pemilik Sanggar Betawi Utan Panjang), Thoyyibah (Pemilik Rumah Busana Betawi), Iwan Aswad Naseh (Pemilik Sanggar Betawi Kebon Sirih), Endang Suratman (Pemilik Bir Pletok Setu Babakan), Abdul Wahid HD (Pemilik Dodol Bunga Khas Betawi) dan Ermawati (pemilik Seraci Batik Betawi).
Acara ini juga dihadiri Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (mia/yp)