Sunday, 22 September 2019

Sudin Dukcapil Jakbar Terbitkan 74 SKDS saat Biduk di Apartemen Cengkareng

Rabu, 21 Agustus 2019 — 20:05 WIB
Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhammad menyerahkan SKDS kepada sejumlah penghuni apartemen di kawasan Cengkareng saat Biduk, Rabu (21/8/2019). (Rachmi)

Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhammad menyerahkan SKDS kepada sejumlah penghuni apartemen di kawasan Cengkareng saat Biduk, Rabu (21/8/2019). (Rachmi)

JAKARTA – Ratusan penghuni apartemen di kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, antusias mengurus Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) saat Pembinaan Kependudukan (Biduk) oleh Suku Dinas Dukcapil Jakarta Barat, Rabu (21/8/2019).

“Saya sudah empat bulan tinggal di apartemen ini, tapi memang tidak paham akan peraturan kependudukan di DKI Jakarta,” kata Umar (45), asal Jawa Barat yang tinggal di apartemen di kawasan Duri Kosambi kepada Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhammad, di sela-sela Biduk.

Setelah mendengar penjelasan dari Kasudin Dukcapil Jakbar, pengusaha ini spontan antusias mengurus dokumen kependudukannya melalui SKDS. Tak sampai 10 menit, ia langsung menerima lembar SKDS dari petugas.

Selain Umar, ratusan penghuni lainnya juga menyambangi meja pelayanan untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan. Selain SKDS, sebagian penghuni merekam data KTP, mengurus Kartu Identitas Anak (KIA), akta lain dan lainnya.

Rosyik Muhammad, Kasudin Dukcapil Jakbar mengatakan dalam layanan Biduk ini pihaknya menerbitkan 74 SKDS dan mendistribusikan 8 KTP elektronik. Serta mencetak 56 KIA, 7 akta lahir dan melayani konsultasi 21 warga untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Pembinaan kependudukan di apartemen sebagai upaya jemput bola dalam menjangkau pendatang daerah yang belum mengurus dokumen kependudukan sehingga terciptanya tertib administrasi kependudukan di Jakbar,” ungkap Rosyik.

Dalam layanan tersebut petugas juga melayani 8 warga untuk perekaman data KTP, dan menerbitkan 6 KTP el yang hilang. Sebagian besar penghuni apartemen ini berpendidikan strata satu dan berasal dari Jawa Barat. (rachmi/ys)