Sunday, 22 September 2019

Ternyata Mawar ‘Anellies’ de Jongh Tak Bisa Bahasa Belanda

Kamis, 22 Agustus 2019 — 22:15 WIB
Mawar de Jongh (ist)

Mawar de Jongh (ist)

JAKARTA – Pemeran Annelies Mellema dalam film Bumi Manusia, Mawar de Jongh mengaku tidak dapat berbahasa Belanda meski dalam film sebagian dialognya berbahasa Belanda. Lahir di negeri Kincir Angin ternyata tidak membuat Mawar fasih berbahasa Belanda.

Untuk dialog di film garapan sutradara Hanung Bramantyo, Mawar mengaku harus belajar bahasa Belanda terlebih dahulu.

“Tadinya gak bisa (bahasa Belanda). Tapi sejak bergabung terus belajar. Tadinya gak tahu apa-apa. Hanya bisa (berbahasa Belanda) untuk perkenalan,” ungkapnya di Djakarta Theatre, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Hal yang sama juga diakui pemain lain, yakni Bryan Domani. Bryan yang memerankan tokoh Jan Dapperste alias Panji Darman mengaku tidak dapat berbahasa Belanda. Padahal karakter Jan banyak menggunakan bahasa Belanda.

Bryan menuturkan tidak mempelajari bahasa Belanda secara mendasar. Dia mengaku hanya mempelajari bahasa Belanda sesuai dialog dalam film yang juga dibintangi Iqbaal Ramadan itu.

“Enggak bisa (bahasa Belanda). Kalau base gak bisa. Itu belajar khususnya dialog saja,” tutur dia.

Film Bumi Manusia diangkat dari novel karya  Pramoedya Ananta Toer. Film berdurasi hampir tiga jam itu berlatarbelakang masa penjajahan Belanda. Film yang juga dibintangi Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh itu mengisahkan diskriminasi yang dialami pribumi saat masa pemerintahan kolonial Belanda.

Film Bumi Manusia juga dibumbui drama percintaan antara seorang pribumi bernama Minke yang diperankan Iqbaal dengan Annelies. (ikbal/yp)

Terbaru

Ratusan sopir dan ojek online geruduk mall di Jakarta Selatan.(adji)
Minggu, 22/09/2019 — 11:07 WIB
Dipicu Pemukulan oleh Security
Ratusan Sopir Taksi dan Ojek Online Geruduk Mall di Jalan Casablanca
Muazin Ahmad Bin Saad, meninggal usai azan Isya di Masjid Annur Felda Teloi Timur, Malaysia.(facebook)
Minggu, 22/09/2019 — 10:06 WIB
Muazin ini Meninggal Usai Kumandangkan Azan Isya