Thursday, 19 September 2019

Gawat! Plat Nopol Palsu Bebas Ganjil Genap Dijualbelikan Rp25 Juta

Jumat, 23 Agustus 2019 — 18:14 WIB
Kendaraan melintas di antara plang pemberitahuan ganjil-genap di Jakarta (toga/dok)

Kendaraan melintas di antara plang pemberitahuan ganjil-genap di Jakarta (toga/dok)

JAKARTA – Kebijakan pembatasan dengan sistem ganjil genap (Gage) di beberapa ruas jalan di Jakarta masih menuai kontroversi. Kondisi tersebut rupanya dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk mencari keuntungan dengan menawarkan plat nomor mobil bebas Gage palsu seharga puluhan juta rupiah. Nekatnya para sindikat ini menjual bebas plat sakti itu di sejumlah online shop ternama.

Fakta itu diungkapkan Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto yang menduga mobil mobil berplat RHS (rahasia) palsu banyak berkeliaran di jalan. Ini digunakan demi terbebas dari kebijaan Gage.

“Kami mensinyalir dengan adanya perluasan ganjil genap, ada pihak pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan pribadi,” ujarnya, Jumat (23/8/2019). Dijelaskan Kombes Budhi, para sindikat ini memproduksi, menawarkan dan menjual plat rahasia dengan kode khusus palsu berikut STNK nya.

“Dijual dengan kisaran harga Rp20 juta sampai Rp25 juta,” ungkapnya.

Kombes Budhi menambahkan , plat mobil yang maksud adalah jenis plat yang tidak atau bebas kebijakan ganjil genap, seperti RFP (Polri), RFD (TNI AD), RFS (pejabat sipil), bahkan plat merah.

“Bahkan plat tersebut dijual melalui online shop ternama,” kata kapolres yang enggan menyebut nama online shop yang dimaksud. “Sedang kita lakukan penyelidikan atas kasus ini. Tunggu saja,”. (yahya/yp)