Thursday, 19 September 2019

Kualifikasi GP Inggris, Marquez Raih Pole Position

Sabtu, 24 Agustus 2019 — 23:21 WIB
Marc Márquez. (reuters)

Marc Márquez. (reuters)

INGGRIS – Dalam sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2019, Marc Marquez tampil meraih pole position. Posisi di belakangnya ditempati Valentino Rossi.

Berlaga di babak kualifikasi di Sirkuit Silverstone, Northampton, Sabtu (24/8/2019), ia tampil maksimal. Pembalap Repsol Honda itu akan start terdepan, sekaligus meraih pole position ke-60 selama karirnya.

Kali ini Marquez membuat catatan waktu 1 menit 58,168 detik di Q2, dis kembali mengalahkan catatan rookie Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo di FP3 pada siang hari dengan 1 menit 58.547 detik.

DI ajang kebut-kebutan di Inggris ini, sejak awal Marquez kejar-kejaran dengan Quartararo. Di awal sesi Marquez menjadi pebalap tercepat 1 menit 58,667 detik. Tapi tak lama Quartararo berhasil menggeser Marquez dengan 1 menit 58,612 detik.

Dalam sesi kualifikasi ini, Marquez melesat sejak awal Q2. Pebalap Repsol Honda itu bersaing ketat dengan rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo.

Sedangkan,  Rossi justru telat panas. Ia bahkan sempat menempati urutan ke-11 karena kembali melanggar batas trek. Namun, rider Monster Energy Yamaha itu bisa memperbaiki catatan waktunya.

Sebenarnya, Rossi nyaris merebut pole, namun akhirnya digagalkan Marquez. Rider Spanyol itu mencatat waktu 1 menit 58.168 detik di sesi kualifikasi

The Doctor harus puas berada di posisi kedua dengan waktu 1 menit 58.596 detik. Tempat ketiga diraih rider Pramac Racing Jack Miller dengan waktu 1 menit 58.602 detik.

Ada pun Quartararo di akhir kualifikasi hanya menempati urutan keempat. Sementara Alex Rins, pebalap Suzuki Ecstar, dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menempati posisi lima dan enam untuk mengunci dua baris teratas.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, bisa lolos dari Q1 dan mengunci posisi ke 7 di Q2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Cal Crutchlow (LCR), Takaaki Nakagami (LCR) menempati posisi kedelapan hingga 10. Adapun Danilo Petrucci, rekan setim Dovizioso, menempati urutan ke-11. (*/win)