Sunday, 15 September 2019

Siswa SMK Nonton Bareng Film Karya Teman-Teman Mereka

Minggu, 25 Agustus 2019 — 16:50 WIB
Pwlajar menintin fil rekanya di SMK Binakarya Mandiri 2 Bekasi.

Pwlajar menintin fil rekanya di SMK Binakarya Mandiri 2 Bekasi.

BEKASI – Film-film karya siswa SMK Binakarya Mandiri 2 Bekasi, Jawa Barat, diputar di aula pertemuan sekolah tersebut.

Pemutaran karya siswa ini dikemas dalam acara nonton bareng film-film fenomenal yang sudah tembus festival film pelajar,. Semua itu hasil karya siswa SMK jurusan Produksi Siaran dan Program Televisi (PSPT).

Rochmat Nurdin, Kepala Program Produksi Siaran dan Program Televisi SMK Bina Karya Mandiri (BKM), mengatakan mengatakan kegiatan ini digagas selain untuk penilaian raport siswa juga bertujuan untuk lebih mengenalkan SMK BKM 2 kepada masyarakat terutama jurusan Broadcast program PTSP.

Bang Rochmat, sapaan akrabnya, mengatakan pesan dan nilai sosial, budaya dan pendidikan dalam karya karya film ini lebih ditekankan dalam pembuatannya. Karenanya, hasil karya cipta film ini diperuntukkan bagi masyarakat secara nasional bahkan dunia.

“Kalo saya prinsipnya membuat film itu bukan hanya untuk mendapatkan nilai saja, kalo tujuannya hanya untuk dapat nilai kasihan dengan anak anak, tapi jadikanlah itu sebagai sebuah karya untuk festival,” ujarnya.

Sementara itu, Adisty Yuliandari, ketua pelaksana acara, mengatakan pemutaran film hari ini menampilkan karya film mulai dari angkatan III tahun 2018 dengan judul ‘PHK’ dan ‘Ketika Dzuhur Tiba’ yang diputar pada sesi pertama.

“Kami berharap penonton nantinya bisa menilai karya setiap angkatannya dengan tema film yang beragam,” ujarnya.

Ada juga ‘Maafkan Tiara’ yang tahun 2018 sempat masuk dalam nominasi film nasional pada Festival Film Sukabumi Movie Award (Sukma).

Kemudian juga film dalam katagori iklan layanan masyarakat, SMK BKM 2 mendapatkan juara 1 film dengan judul ‘Hoax’ yang diadakan oleh Forum Jurnalis Bekasi. Film ini mengangkat tema ajakan untuk tidak golput dalam pemilihan kepala daerah kota Bekasi 2019 serta menolak isu hoaks yang terjadi di masyarakat.

Kemudian juga selain ‘Hoax’, film ‘Maafkan Tiara’ juga diputar film lainnya seperti ‘Remember’, ‘Ketika Dzuhur Tiba’, ‘PHK’, ‘Sadar’, ‘Bukan Titik Terakhir’ dan ‘Pengakuan Vania’.

Lebih lanjut Adisty mengatakan, untuk mensukseskan kegiatan nonton bareng ini, panitia melakukan promosikan dengan menjual tiketing ke sekolah sekolah. Juga menjual secara online, selain ada juga beberapa sekolah yang diundang untuk nonton bareng.

Harga tiket yang ditawarkan Rp10.000 perorang untuk kapasitas 40 kursi yang ditawarkan untuk menyaksikan 6 judul film pendek yang ditayangkan dalam durasi 60 menit. (saban/yp)