Sunday, 15 September 2019

Mulai Sabtu Besok, di Jalan Arief Rachman Hakim Depok Berlaku Contra Flow

Jumat, 30 Agustus 2019 — 19:41 WIB
Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana didampingi jajaran tengah mempersiapkan uji coba contra flow di Jl. Raya Arief Rachman Hakim.  (anton)

Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana didampingi jajaran tengah mempersiapkan uji coba contra flow di Jl. Raya Arief Rachman Hakim. (anton)

DEPOK  –  Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub)  Kota Depok mengingatkan pengguna kendaraan yang biasa melintas di Jalan Arief Rachman Hakim bahwa mulai Sabtu (31/8/2019) besok akan diberlakukan uji coba contra flow (lawan arus).

“Uji coba contra flow doberlakukan selain akibat kemacetan di Jalan Dewi Sartika setiap hari Sabtu dan Minggu juga adanya perjalanan kereta listrik melintas di pintu perlintasan yang ada,” kata Kepala Dishub  Kota Depok Dadang Wihana,  Jumat (30/8/2019).

Rekayasa lalu lintas itu antara lain kendaraan dari arah Perumnas Depok I  atau Jalan Raya Melati maupun dari Depok Utara yang menuju Ramanda atau Jalan Margonda Raya dapat melalui satu jalur Jalan  Arief Rachman Hakim hingga putaran arah kantor Bank BNI sejak pagi hingga malam.

Selama ini Jalan Arief Rachman Hakim diberlakukan satu arah dari arah Jalan Margonda mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.00, namun setelah adanya uji coba contra flow tidak lagi berlaku.

Tapi, hal ini  hanya satu jalur dari arah pertigaan Jalan Nusantara Raya hingga putaran arah Bank BNI. Setelah lewat putaran arah dan naik jembatan layang Arief Rachman Hakim menuju Jalan  Margonda Raya atau Ramanda, menjadi dua jalur.

Untuk kendaraan dari arah Jalan  Margonda Raya atau Ramanda menuju barat atau menuju Jalan  Raya Nusantara atau Depok Utara,   tambah dia,  sesampainya kendaraan di ujung jembatan layang Arief Rachman Hakim atau di putaran arah BNI kendaraan menuju barat dapat memakai tiga jalur yaitu dua jalur jalan sebelah kiri dan satu jalur sebelah kanan atau menuju PLN Depok Utara maupun Jalan  Nusantara Raya.

“Kenapa demikian, karena berdasarkan survei teknis volume kendaraan dari arah timur itu lebih banyak sepanjang hari itu padat. Untuk Nusantara dan Dewi Sartika tetap seperti biasa satu arah. Jalan Melati masih boleh belok kiri karena nanti untuk mengantisipasi dibukanya tol seksi II, jadi dari yang Depok I bisa langsung ke tol nantinya,” tuturnya.  (anton/win)