Sunday, 15 September 2019

Contra Flow di Jalan Arief Rachman Hakim Depok Dimulai

Sabtu, 31 Agustus 2019 — 20:45 WIB
Kedishub Depok Dadang Wihana (hitam) membantu mencopot pembatas jalan saat mulai uji coba contra flow di Jl. Arief Rachman Hakim, Depok.  (anton)

Kedishub Depok Dadang Wihana (hitam) membantu mencopot pembatas jalan saat mulai uji coba contra flow di Jl. Arief Rachman Hakim, Depok. (anton)

DEPOK  –  Tepat pukul  15:00, Sabtu (31/8/2019) lalu lintas contra flow (melawan arus) di Jalan Arief Rachman Hakim, Depok, dimulai. Hal itu ditandai dengan dibukanya beton pembatas di putaran arah (U-Trun) oleh Dishub Depok,  persis di depan kantor BNI, yakni tempat dimulainya contra flow.

Pemberlakuan ini  untuk menambah jalur jalan di bagian kanan jalan dari arah pertigaan Ramanda atau Jalan  Margonda Raya menuju Perumnas Depok  I dan  Depok Utara.

“Ini janji kita untuk melakukan uji coba contra flow di Jalan  Arief Rachman Hakim yang membuka satu jalur badan jalan sebelah kanan dari arah Jalan  Margonda Raya sehingga menjadi tiga jalur,” kata Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana yang langsung turun membantu jajarannya mengatur arus lalu lintas.

Kalau sebelumnya setiap pukul  15.00 hingga pukul 22.00 di ruas Jalan Arief Rachman Hakim sistem satu arah (SSA), mulai hari ini (Sabtu,  31/8/2019) satu jalur dibuka dari arah Perumnas Depok I dan Depok Utara,  menuju Ramanda atau  Jalan Margonda Raya.

Menurut Dadang,  uji coba contra flow berkaitan dengan semakin padatnya jadwal kereta listrik Jabodetabek melintas di pintu perlintasan Jalan Dewi Sartika,  yang hanya dua sampai tiga menit sekali hingga kerap membuat kemacetan dan antrean kendaraan cukup panjang.

“Hasil evaluasi di ruas Jalan Dewi Sartika setiap jam sibuk kerja maupun hari Sabtu dan Minggu kerap terjadi penumpukan kendaraan. Salah satu solusi yaitu membuka satu jalur dari arah pertigaan PLN Jalan Nusantara Raya hingga depan kantor BNI Jalan Arief Rachman Hakim,” tuturnya.

Setelah melewati kantor BNI kendaraan dari arah Perumnas Depok Satu maupun Depok Utara kembali dua jalur.

Sementara itu,  Nyonya Ridwan,  warga Beji,  mengatakan sempat binggung dan ada antrean kendaraan dari arah Ramanda maupun Perumnas Depok I  saat dibukanya pembatas jalan di depan kantor BNI.

“Ya maklum belum hafal dan terbiasa jadi ada antrean tapi beberapa saat lancar lagi karena pengendara mulai tahu pembagian jalur uji coba contra flow di Jl. Raya Arief Rachman Hakim, ” kata ibu tiga anak ini.  (anton/win)