Thursday, 12 December 2019

Betapa Sulitnya Mereka!

Rabu, 4 September 2019 — 7:44 WIB
dikota

KETIKA hidup sebegitu mudahnya. Mudah dalam arti serba ada di depan mata. Terutama yang tinggal di kota-kota besar, yang sangat sarat dengan  fasilitas. Tapi di tempat lain, di Nusantara ini, masih ada sebagian saudara kita yang tinggal di pedalaman sana masih serba sulit!

Di sini, semua serba ada. Mau apa? Tinggal bergerak dengan mudah. Mau jalan, naik kendaraan, silakan. Pokoknya masyarakat butuh sesuatu ibarat kata tinggal melangkah, tanpa menguras tenaga, sudah bisa membeli apa saja di warung, swalayan atau toko serba ada yang sudah tersebar di mana saja, dekat dengan lingkungan.

Ini hanya  sekadar perbandingan, betapa orang kota dengan yang tinggal  nun jauh di pedalaman sana, seperti langit dan bumi.

Nah, jangankan mau butuh barang, komunikasi saja sulit. Semua dilakukan seperti zaman baheula, dilakukan secara manual. Komunikasi misalnya, harus datang pada yang bersangkutan. Padahal sekarang ini, semua tinggal pencet,cet,cet dan disana bisa berhalo-halo,kabar pun dapat diterima.

Bayangkan saja,mau jual beli,butuh sembako harus ke pasar yang ditempuh berkilo-kilo meter, dengan jalanan yang tidak layak dan tidak nyaman.  Selain jauh, harus melalui rintangan jalan yang naik turun sempit dan rusak. Jika hujan terjadi kubangan yang sangat parah. Jadi untuk mendapatkan barang yang diinginkan harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Belum lagi sarana pendidikan,sangat memprihatinkan, gedung sekolah seadanya. Sementara kawan-kawan mereka di daerah lain sudah menikmati fasilitas yang bagus. Listrik bagaimana? Ya,jangan ditanya, deh!

Ayolah, para pejabat daerah, siapapun yang memerintah, tolonglah pembangunan di wilayah terdalam dan terjauh jangan dilupakan. Penuhi fasilitas mereka.  Jangan  hanya dibutuhkan suaranya saja, kemudian dilupakan. Ah, kasihan.  (massoes)