Sunday, 22 September 2019

Mau Sepatu Awet? Begini Cara Tepat Merawat Sepatu

Sabtu, 7 September 2019 — 8:42 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Memiliki banyak Sepatu adalah investasi bagi sebagian orang, makanya mereka akan melakukan berbagai cara untuk membuat sepatu tetap awet dan bersih. Perilaku sesorang bisa dilihat dari kondisi sepatu yang digunakan.

Sudah merupakan tugas utama bagi kita untuk tetap konsisten dalam merawat sepatu, kita sering melakukan hal yang tidak kita sadar seperti menyimpan sepatu secara sembarangan. Ujung-ujungnya kita yang mengeluh dengan rusaknya sepatu kita sendiri. Merawat sepatu dengan rutin dan baik akan membuat sepatu kita terjaga, paling tidak enggak cepat buluk dan tetap kuat jika dibawa kemana-mana.

Kali ini kita akan memberikan tips merawat sepatu biar kalian makin sadar akan potensi sepatu yang kalian miliki, Yuk simak caranya!

1. Jangan buang kerdus sepatu . Sebab kotak pembungkus itu bisa digunakan untuk menyimpan sepatu yang tidak rutin dipakai. Selain itu, di dalam kotak tersebut terdapat busa atau kertas pelindung dan ‘silica gel’ yang berguna agar sepatu kalian tetap bersih bebas jamur saat disimpan. Usahakan kotak tersebut dalam keadaan kering ya, dan jangan sekali-kali diletakan di tempat yang lembab. Efeknya bisa mempengaruhi sepatu kalian juga lho.

2. Rak Sepatu. Jika kalian sudah terlanjur membuang kotaknya, kalian bisa menyimpan sepatu di rak. Tempatkan rak sepatu di tempat kering seperti belakang pintu. Pastikan rak sepatu kalian tidak membuat ruangan kalian menjadi sempit yaa.

3. Pisahkan Kaus Kaki dan Sepatu. Biasakan tidak menyatukan kaus kaki ke dalam sepatu, agar bagian tidak tercemar bakteri dan bau jahat yang bersarang di kaus kaki kalian. Kaus kaki kalian bisa kalian jemur setelah pakai, agar tidak bau-bauin ruangan kalian juga.

4. Bersihkan Secara Rutin. Selalu bersihkan sepatu secara berkala dan konsisten. Agar selalu tampak baru, gunakan lap kering setiap kalian ingin melakukan aktivitas. Dan ini cara juga untuk mengurangi debu yang ada di sepatumu. Sedangkan untuk mencucinya secara keseluruhan kalian bisa lakukan 2 sampai 4 minggu sekali.

5. Pakai dalam Keadaan Kaki Kering. Keringkan terlebih dahulu bagian kaki kalian sebelum menggunakan sepatu, jangan sampai pas keadaan basah kalian langsung pakai ya. Hal itu akan menyebabkan bagian dalam sepatu kalian menjadi bau, bahkan bisa sepatu kalian berubah bentuknya. (thea/m1/dms).