Sunday, 22 September 2019

Tahapan Pilbup Indramayu 2020, Dimulai 1 Oktober 2019

Senin, 9 September 2019 — 13:01 WIB
Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyerahkan Surat Keputusan kepada salah seorang anggota DPRD Indramayu  Syaefudin. (taryani)

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyerahkan Surat Keputusan kepada salah seorang anggota DPRD Indramayu Syaefudin. (taryani)

INDRAMAYU – Tahapan awal rangkaian kegiatan pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Indramayu periode 2020 – 2025, akan dimulai pada 1 Oktober 2019. Hal tersebut dikemukakan Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni, Senin (9/9/2019).

“Untuk persiapan Pilkada Indramayu 2020 sesuai dengan tahapan yang ada,  kita sudah harus membuat NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) per  tanggal 1 Oktober 2019,” ujar Ahmad Toni Fatoni.

KPU Kabupaten Indramayu, katanya sudah siap melaksanakan NPHD bahkan seluruh kebutuhan anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada Indramayu 2020 itu sudah disampaikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), katanya.

Sedangkan perihal jumlah pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Indramayu yang akan bertarung pada Pilkada 2020,  tentunya akan melihat  kuota kursi di DPRD Indramayu.

“Ada peluang untuk tiga atau empat pasang Cabup-Cawabup Indramayu,” ujarnya.

Menurut Plh. Bupati Indramayu Drs. H. Rinto Waluyo, M.Pd, apabila jumlah pasangan Cabup-Cawabup terdapat tiga atau empat, itu akan memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Indramayu muncul memimpin daerah.

“Kalau hanya dua pasang Cabup-Cawabupnya itu terbatas. Saya pikir kalau tiga, empat, akan muncul putra-putri terbaik dari berbagai pelosok Indramayu,” katanya.

Selain itu, sambungnya masyarakat Indramayu juga mempunyai banyak pilihan dalam menentukan  kepala daerah. “Sehingga tidak terbatas hanya pada dua pasang calon saja,” ujarnya.  Ia berharap, Pilkada Indramayu yang akan berlangsung tidak lama lagi itu dapat terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas. (taryani/mb)