Friday, 20 September 2019

Besok, Polda Metro Jaya Panggil Ketua Umum FPI

Selasa, 10 September 2019 — 22:46 WIB
Ketua Umum FPI, Ahmad Sobri Lubis di panggung Reuni Alumni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). (Ikbal)

Ketua Umum FPI, Ahmad Sobri Lubis di panggung Reuni Alumni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). (Ikbal)

JAKARTA – Penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya akan memanggil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis, Rabu (11/9/2019).

Pemanggilan tersebut berkaitan dengan kasus dugaan makar. Untuk pemanggilan ini, Sobri akan dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus tersebut.

“Iya benar besok ada agenda pemeriksaan terhadap yang bersangkutan (Ahmad Sobri Lubis),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019).

Pemeriksaan terhadap Sobri merupakan buntut dari laporan polisi dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/Bareskrim tanggal 19 April 2019, atas dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar.

Adapun pelapor dalam kasus itu, yakni Supriyanto.    “Iya itu pelimpahan dari Bareskrim ke Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kuasa Hukum FPI Sugito Atmo Pawiro membenarkan atas pemanggilan tersebut. Ia pun memastikan kalau Sobri tidak akan hadir dalam pemeriksaan esok.

Alasannya, Ketum FPI sedang berada di luar kota sehingga tidak memungkinkan untuk memenuhi panggilan tersebut.

“Beliau sekarang masih di Aceh kegiatan safari dakwah, itu kan baru panggilan perdana sebagai saksi. Dia baru pulang hari Jumat,” kata Sugito.

Seperti dketahui, laporan tersebut berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu, 17 April 2019. Namun, terlapor dalam kasus itu tidak disebutkan oleh Argo. (firda/win)