Sunday, 22 September 2019

Digilas Thailand 3 Gol Tanpa Balas, Peluang Timnas Indonesia Menipis

Selasa, 10 September 2019 — 21:44 WIB
TImnas Indonesia saat tanding vs Thailang berkesudahan dengan kekalahan 0-3. (junius)

TImnas Indonesia saat tanding vs Thailang berkesudahan dengan kekalahan 0-3. (junius)

JAKARTA – Kekalahan beruntun di laga kandang harus ditelan Timnas Indonesia pada fase Grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Setelah takluk 2-3 dari Malaysia, kali ini skuat Garuda dipaksa menyerah tiga gol tanpa balas oleh Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9.2019) malam.

Hasil itu sekaligus membuat harapan Indonesia melaju ke fase selanjutnya, menipis. Jika tidak segera melakukan perubahan, bukan tidak mungkin pasukan Simon McMenemy bakal tersingkir dini dari babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Apalagi di laga selanjutnya, Indonesia bakal menyambangi Uni Emirat Arab dan menjamu Vietnam pada pertengahan Oktober mendatang.

Saat ini Indonesia masih terendam di dasar Grup G, tanpa meraih satu pun angka dari dua laga yang sudah mereka lakoni. Sebaliknya, Thailand berhasil mengambil alih pimpinan Grup G dengan empat poin dari dua laga.

Bermain di depan publik sendiri, skuat Garuda yang dituntut meraih kemenangan, tampil lebih berhati-hati, seraya memancing para pemain Thailand keluar untuk kemudian melancarkan serangan balik kilat.

Walhasil, Thailand lebih mampu mendominasi permainan sepanjang babak pertama pada laga yang berlangsung alot tersebut. Aksi jual-beli serangan yang diperlihatkan oleh kedua tim bahkan hanya sekadar menghasilkan peluang, tanpa gol. Hingga wasit meniup peluit, tanda jeda skor imbang tanpa gol pun tidak berubah.

Di babak kedua, Thailand akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat aksi Supachok Sarachat pada menit ke-55. Tembakan keras Sarachat dari luar kotak penalti, tidak mampu dibendung kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa yang membuat jalanya jebol untuk keempat kalinya dari dua laga beruntun.

Tidak cukup sampai di situ, kiper Persija Jakarta itu kembali harus memungut bola dari jalanya sendiri akibat ulahnya sendiri pada menit ke-63. Pelanggaran yang dilakukan terhadap pemain Thailand di kotak terlarang, membuat wasit harus menunjuk titik putih.

Theerathon Bunmathan yang fitunjuk sebagai eksekutor, berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna, seraya membawa Thailand menjauh, 2-0. Rupanya, situasi itu membuat Thailand kian percaya diri. Tim dari negeri Gajah putih itu kian menunjukkan tajinya dengan mencetak gol ketiga mereka di menit ke-71.

Kali ini tembakan Sarachat dari dalam kotak penalti, kembali menjebol gawang Andritanya. Gol tersebut sekaligus mengubah papan skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Thailand yang bertahan hingga laga bubaran.

Pemain yang Diturunkan:

Indonesia (3-5-2): Andritany Ardhiyasa (g); Yanto Basna, Manahati Lestaluhu, Hansamu Yama; Yustinus Paew, Ruben Sanadi, Evan Dimas, Andik Vermansyah (Saddil Ramdani/72″), Irfan Bachdim Osas Saha/64″); Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves (Ferdinand Sinaga/87″)

 

Thailand (4-3-3): Siwarak Tedsungnoen (g); Tristan Do (Narubodin Weerawatnodom/83″), Pansa Hemviboon, Manuel Bihr, Theerathon Bunmathan (Sasalak Haiprakon/74″); Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Chanathip Songkrasin; Ekanit Panya (Sivakorn Tiatrakul/76″), Supachok Sarachat, Supachai Jaided.

 

(jun/win)