Sunday, 22 September 2019

Ganjil Genap Baru Efektif Jika Berlaku Semua Jalan

Selasa, 10 September 2019 — 7:44 WIB
sentil-beli-mobil

KEBIJAKAN ganjil-genap (Gage) ternyata hanya efektif mengurangi polusi, tapi kemacetan pindah tempat. Jika mau efektif dan udara Jakarta menjadi segar laksana hawa gunung, berlakukan saja di semua ruas jalan di ibukota, dari pagi sampai malam. Bagi orang kaya pula, Gage tak menjadi masalah baginya, karena tinggal beli satu mobil lagi.

Program Gage di Jakarta sebetulnya sudah digagas jaman Gubernur Ahok, tapi karena pertimbangan tertentu, dibatalkan. Rencananya pakai ERP, yakni jalan berbayar di sejumlah jalan di Jakarta. Tapi sepertinya program ini sudah terlupakan, karena Gage menjadi kebijakan Gubernur Anies.

Gage menjadi primadona, karena efektif mengurangi polusi, meski polisi lalintasnya juga harus ditambah banyak. Jika semula baru 16 ruas jalan mulai September menjadi 25 ruas. Pelanggar pun akan merogoh kocek dalam-dalam, karena dendanya Rp 500.000,- Biar mikirrrr….., kata Cak Lontong.

Tapi berita terakhir mengatakan, dampak Gage ternyata menimbulkan kemacetan di jalan lain yang belum terkena. Jadi ibarat orang pencet balon, kempes di sini, melendung di sono!

Maka bila ingin efektif, Gubernur Anies harus tega hati, berlakukan saja seluruh ruas jalan di ibukota, dan waktunya 16 jam, dari pukul 06.00 sampai pukul 22. Niscaya kemacetan berkurang banyak, dan udara Jakarta menjadi sejuk seperti hawa pegunungan!

Bagi orang kaya, kebijakan Gubernur Anies akan dianggap enteng. Tinggal dia beli lagi mobil satu lagi sehingga nomer mobilnya lengkap ganjil dan genap. Saat Ahok akan memberlakukan Gage, banyak orang yang siap-siap menyiasati dengan cara demikian.

Masalahnya, berani tidak Gubernur Anies melakukan kebijakan Gage secara keras. Sebagai Kepala Daerah yang mengklaim selalu berpihak pada rakyat kecil, mana berani. Maka kebijakan Gage menjadi setengah hati, karena demi membahagiakan warganya, hanya sebagian kecil wilayah yang terkena Gage, dengan resiko semrawut kotanya. – gunarso ts