Sunday, 22 September 2019

Ujian Tiga Singa Antisipasi Kejutan Kosovo

Selasa, 10 September 2019 — 17:22 WIB
Manajer Inggris Gareth Southgate rangkul Harry Kane (reuters)

Manajer Inggris Gareth Southgate rangkul Harry Kane (reuters)

INGGRIS – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memperingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak meremehkan Kosovo saat bentrok dalam lanjutan fase Grup A babak Kualifikasi Piala Eropa 2022 di Stadion Saint Marry’s, Southampton, Rabu (11/9/2019) pukul 01.45 WIB. Kedua tim yang baru bertemu untuk pertama kalinya ini membuat Southgate ‘buta kekuatan’, sehingga meminta anak-anak asuhnya untuk mengantisipasi kejutan yang kemungkinan dibuat Kosovo pada laga nanti.

Hasil sempurna yang diraih Inggris dalam tiga laga pembuka di babak Kualifikasi Piala Dunia 2020, bahkan bukan jaminan bagi mereka bisa mengalahkan Kosovo dengan mudah, seperti yang diakui Southgate. Ia bahkan menilai Kosovo memiliki peluang untuk membuat kejutan. Hal itu bahkan sudah ditunjukkan oleh negara-negara Eropa Timur, seperti yang dilakukan Kroasia, negara yang baru merdeka dan bergabung dengan bersama FIFA pada 1992 silam. Saat itu, Kroasia mampu membuat kejutan dengan menjadi juara ketiga Piala Dunia di Prancis, 1998 silam.

”Sebagai negara yang baru terbentuk, Kosovo memiliki semangat yang sama seperti di negara-negara Eropa Timur lainnya. Itu mengingatkan saya dengan Kroasia pada 1998 silam. Saya terkesan dengan cara Kosovo bermain di ajang (kualifikasi Piala Eropa) ini, baik dari segi taktik dan materi pemain. Mereka juga datang dengan kepercayaan diri yang tinggi setelah meraih kemenangan pada laga terakhir melawan Republik Ceko (2-1). Ini menjadi ujian berat buat kami karena kami juga tidak mengetahui detail kekuatan mereka,” aku Southgate, dikutip Express.

Pun, pelatih yang membawa Inggris menjadi juara ketiga pada Piala Dunia 2018 lalu itu tetap optimis dengan materi pemainnya. Selain kualitas pemain yang hampir merata di segala lini, tim berjuluk Tiga Singa itu juga dipastikan bakal tampil lebih percaya diri dengan dukungan lebih di depan publik sendiri. Terakhir, Harry Kane dan kolega mampu membungkam Bulgaria 4-0 di Wembley, Sabtu (7/9/2019).

“Ini sebuah situasi yang cukup menyehatkan buat tim. Yang terpenting, kami harus meneruskan ini pada pertandingan melawan Kosovo,” tegas Southgate.

Di sisi lain, Kosovo datang bukannya tanpa ambisi. Posisi mereka yang hanya terpaut satu angka di urutan kedua Grup A dari empat laga, bahkan bakal membuat pasukan Bernard Challandes bisa membuat kejuatan, seraya menggusur Tiga Singa sebagai pimpinan Grup A.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit buat kami. Tapi kami tahu bagaimana Inggris memainkan sepakbola mereka. Saya pikir tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola dan kami datang untuk mengejutkan mereka,” tegas Challandes, dikutip laman resmi UEFA.

Selain itu, tambahan angka juga sangat penting bagi mereka untuk menghindari penggusuran setelah hanya unggul dua angka dari Ceko di posisi ketiga, disusul Bulgaria dan Montenegro yang sama-sama mengoleksi dua angka di posisi dua terbawah. Apalagi Ceko diprediksi bisa mencuri angka dalam lawatan mereka ke kandang Montenegro pada laga lainnya di hari yang sama.

Sementara di Grup B, Portugal sambangi Lithuania dan Serbia satroni Luksemburg. Di Grup H, Prancis menjamu Andorra, Albania kontra Islandia, dan Moldova kedatangan Turki. (jun)

PRAKIRAAN PEMAIN:
Inggris (4-3-3): Pickford (g); Alexander-Arnold, Keane, Maguire, Rose; Rice, Henderson, Barkley; Sancho, Sterling, Kane.
Kosovo (4-2-3-1): Muric (g); Vojvoda, Rhahmani, Aliti, Hadergjonaj; Voca, Halimi; Zhegrova, Celina, Rashani; Muriqi.