Monday, 16 September 2019

BJ Habibie Meninggal, Jokowi Sampaikan Duka Cita Mendalam

Rabu, 11 September 2019 — 18:53 WIB
Presiden Jokowi  usai melayat BJ Habibie yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat. (rizal)

Presiden Jokowi usai melayat BJ Habibie yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat. (rizal)

JAKARTA – BJ Habibie tutup usia di RSPAD GAtot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang melayat lima menit setelah Presiden ke-3 RI itu wafat. Diketahui Habibie menghembuskan nafas terkahir pada pukul 18:05. Jokowi menyatakan berduka atas berpulangnya Habibie.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah, Bapak Prof BJ Habibie tadi jam 18:05 di RSPAD Gatot Subroto,” ujar Jokowi di temani istri, Iriana Jokowi dan putranya, Gibran Rakabuming Raka di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9/2019).

Jokowi menambahkan BJ Habibie meninggal di usia 83 tahun. Jenazah akan dibawa dari RSPAD Gatot Subroto menuju kediamannya di Kuningan, Jakarta Selatan. “Beliau berpulang dalam usia 83 tahun. Dan nantinya dari RSPAD Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan,” imbuhnya.

Presiden berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Jokowi juga berharap agar keluarga dapat meneruskan cita-cita Habibie.

(Baca: Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Presiden RI ke-3 BJ Habibie Meninggal Dunia)

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan BJ Habibie selama hidupnya,” hatap dia.

Habibie dirawat di rumah sakit itu sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Habibie sebelumnya juga sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung. (ikbal/yp)