Monday, 16 September 2019

Persipura v Persija, Ajang Pembuktian Tiga Pemain Anyar

Rabu, 11 September 2019 — 7:35 WIB
Pemain Persija Jakarta tengah berlatih di SUGBK. (jun)

Pemain Persija Jakarta tengah berlatih di SUGBK. (jun)

Persipura v Persija,
Ajang Pembuktian Tiga Pemain Anyar

TENGGARONG – Persija Jakarta bertekad keluar dari ancaman degradasi saat menghadapi Persipura Jayapura dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut, Sabtu (11/9/2019), 18:30 WIB. Laga ini menjadi ajang pembuktian kualitas ketiga pemain anyar Persija yang kemungkinan bakal diturunkan pelatih Julio Banuelos secara bersamaan.

Ketiganya, yakni Fachrudin Aryanto, Joan Tomas, dan Xandao. Menurut Banuelos, ketiganya dalam kondisi fit dan siap tampil. Bukan tidak mungkin keduanya juga bakal dipersiapkan pelatih asal Spanyol itu untuk tampil secara bersamaan.

“Kami datang kesini dengan kekuatan 18 pemain. Kami sangat bersyukur kita memiliki tiga pemain baru (Fachruddin, Joan Tomas, serta Xandao red) dan tentunya sudah bisa bermain di laga esok,” kata Banuelos dalam keterangan tertulis yang diterima Pos Kota, jelang pertandingan.

Selain ajang pembuktian ketiganya, laga ini juga menjadi evaluasi tersendiri bagi Persija selama aktivitas bursa transfer paruh musim dalam hal mengatasi ‘penyakit’ sang Macan Kemayoran. Diketahui, sebelumnya Persija selalu memiliki masalah di lini belakang dan tengah.

Guna mengatasi hal itu, pasukan Banuelos pun tidak segan-segan mendatangkan dua legiun asing, yakni Xandao yang diyakini bisa menggantikan peran Seteven Paulle di lini belakang serta Joan Tomas yang akan berperan seperti Bruno Matos di lini tengah.

Lebih dari itu, laga ini juga akan menentukan nasib Persija selama paruh kedua. Untuk itu, Banuelos meminta anak-anak asuhnya tetap waspada. Apalagi Persipura mendapat sedikit keuntungan karena memiliki jeda istirahat yang lebih lama ketimbang Macan Kemayoran usai kalah 0-1 dari Perseru Badak Lampung, 1 September lalu.

Selain itu, Macan Kemayoran juga masih tanpa sejumlah pemain andalannya, seperti Andritany Ardhiyasa, Rohit Chand, dan Novri Setiawan.

Jika Andritany dan Rohit Chand (Nepal) absen kerena tugas negara di laga internasional, Novri masih harus menjalani sanksi akumulasi kartu. Sedangkan Ismed Soyfan masih diragukan karena masalah kebugaran.

Saat ini, Persija menempati urutan dua terbawah dengan koleksi 14 poin dari 14 laga. Macan Kemayoran tertinggal satu angka dari batas akhir zona aman, hunian Persela Lamongan. Itu artinya, persija masih punya kans untuk keluar dari zona merah jika mampu mengalahkan Persipura pada laga nanti.

Meski sedikit diuntungkan karena bermain di tempat netral, Banuelos mengaku hal itu bukan jaminan bagi Macan Kemayoran bisa mengalahkan Persipura yang ingin mendongkrak posisi mereka setelah tercecer di papan tengah dengan total 20 poin dari 14 laga.

Tim asuhan Jacksen Tiago itu justru diakuinya akan lebih termotivasi memenangi laga setelah terpaksa harus mengungsi ke Tenggarong karena faktor keamanan. Pada laga lainnya di hari yang sama, PSM Makassar bakal menjamu PSIS Semarang dan Persela sambangi Badak Lampung. (jun/yp)

Prakiraan pemain:

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman (g); Yohanes Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Israel Wamiau; Ian Kabes, In-kyun Oh, Ibrahim Conteh; Titus Bonai, Mamadou Samassa, Boaz Solossa.

Persija (4-2-3-1): Shahar Ginanjar (g); Rezaldi Hehanusa, Xandao, Fachrudin Aryanto, Dany Saputra; Sandi Sute, Fitra Ridwan; Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Joan Tomás; Marko Simic.