Monday, 16 September 2019

Jokowi Ajak Masyarakat Indonesia Doakan BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 — 9:57 WIB
Presiden Jokowi saat bertakziah ke rumah duka B.J. Habibie. (ist)

Presiden Jokowi saat bertakziah ke rumah duka B.J. Habibie. (ist)

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk mengirimkan doa kepada mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie.

“Kepada seluruh masyarakat, saya mengajak berdoa bersama semoga arwah beliau diterima di sisi Allah, diberikan tempat terbaik di sisinya,” ujar Jokowi ditemui di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, RT.6/RW.4, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sebelumnya, Jokowi telah bertakziah semalam, Rabu (11/9/2019) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD). Di mana Presiden ke-3 RI ini mengembuskan napas terakhirnya di ruang perawatan intensif rumah sakit tersebut.

“Pagi hari ini saya kembali bertakziah di kediaman rumah duka bapak BJ Habibie. Meskipun tadi malam saya sudah ke RSPAD tapi ini adalah sebuah penghormatan besar kita, dari seluruh rakyat Indonesia, dari pemerintah atas pengabdian beliau pada bangsa dan negara,” kata Jokowi.

“Nanti siang di TMP Kalibata saya juga akan bertindak sebagai Irup,” tambahnya.

(BacaMelayat BJ Habibie, Harmoko Khusuk Berdoa)

Presiden RI Jokowi di sela-sela melayat ke rumah duka Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. (firda)

Berdasarkan pantauan poskotanews.com, Jokowi mendatangi rumah duka bersama sang istri, Iriana Jokowi. Jokowi sendiri nampak rapi dengan menggunakan jas hitam dan kemeja putih, sedangkan istri mengenakan baju putih dan selendang berwarna cokelat. Jokowi berada di rumah duka cukup lama, yakni sekitar 15 menit.

(BacaMakam BJ Habibie Diapit Dua Ibu Negara)

Seperti diketahui, Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kabar meninggal ini disampaikan putranya, Thareq Kemal.

“Ayah saya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf  Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB. Penyebab meninggalnya karena faktor usia dan gagal jantung,” kata Thareq pada kalangan media, Rabu (11/9/2019).

(BacaSepenggal Percakapan Nenek-Cucu Saat Memasang Bendera Setengah Tiang untuk BJ Habibie)

Rencananya, siang nanti jenazah Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Nantinya makam Habibie akan berada di sebelah makam Ainun Habibie. (firda/ys)