Monday, 16 September 2019

Makam BJ Habibie Diapit Dua Ibu Negara

Kamis, 12 September 2019 — 4:50 WIB
wpid-2019-09-12-03.00.52.jpg

JAKARTA – Berbagai persiapan prosesi pemakaman Presiden Republik Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan tengah dilakukan hingga Kamis (12/9/2019) dinihari.

Terlihat sejumlah personel mempersiapkan tempat liang pemakaman. Menurut anggota sub garnisun Jakarta Selatan, Dasril Z, menyebutkan, makam pria yang dikenal sebagai Bapak Demokrasi itu akan menempati Blok M TMP Kalibata.

Nantinya makam BJ Habibie akan bersebelahan dengan makam sang istri, Asri Ainun Besari yang akrab disapa Ainun Habibie.

Menurutnya pemilihan lokasi makam itu menempatkan BJ Habibie berada di antara makam istri Presiden Republik Indonesia ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Sehingga, makam BJ Habibie berada diapit kedua ibu negara nantinya.

“Makam bapak selain berdekatan dengan Ainun, posisinya juga di tengah-tengah. Jadi sebelah kiri Ibu Ainun, sementara di bagian atas ada ibu Ani Yudhoyono,” ungkapnya mengawasi proses penggalian makam.

Selain imakam Ani Yudhoyono, tampak sejumlah makam pahlawan nasional yang mendampingi makam BJ Habibie, antara lain makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution serta makam sahabat, yakni makam mantan Menteri Riset dan Teknologi era BJ Habibie periode 1998-1999, Prof Zuhal Abdul Qadir.

Proses penggalian, persiapan pemakaman juga meliputi pengeras suara hingga penataan tendadan kursi bagi tamu negara yang hadir juga sudah dipersiapkan.

Seperti diketahui, pada prosesi pemakaman nanti Presiden dan Wakil Republik Indonesia, Joko Widodo dan wakil Presiden Jusuf Kalla bersama pejabat tinggi negara akan hadir, begitu juga dengan tamu kehormatan negara dan duta besar negara sahabat. (wandi/win)