Monday, 16 September 2019

Puluhan Rumah Warga Suku Baduy Terbakar

Kamis, 12 September 2019 — 17:28 WIB
ilustrasi

ilustrasi

LEBAK  – Perkampungan warga suku Baduy Luar di Kampung Kadugede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak,  dilalap si jago merah. Musibah yang terjadi pada Kamis (12/9/2029) siang ini menyebabkan puluhan rumah warga Baduy hangus terbakar.

Penyebab kebakaran belum diketahui, namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Kapolres Lebak AKBP Dani Haryanto membenarkan musibah kebakaran yang terjadi di perkampungan suku Baduy Luar tersebut. Menurut Kapolres berdasarkan keterangan yang didapat, kobaran api menghanguskan sebanyak 36 rumah warga.

“Informasi yang kami dapatkan, sebanyak 36 rumah warga Baduy terbakar,” ungkap Kapolres melalui sambungan telepon.

Kapolres mengatakan belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran dan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Meski demikian, Kapolres mengatakan asal api diduga berasal dari rumah Ayah Aripin.

“Penyebab kebakaran masih diselidiki namun asal api diduga dari rumah Ayah Aripin. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut,” terangnya.

Sebelumnya pada Mei 2017, perkampungan warga Baduy Luar terbakar di Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, juga pernah mengalami kebakaran.

Dalam musibah itu sebanyak 84 rumah adat warga Baduy Luar rata dengan tanah. Tak kurang dari 105 kepala keluarga harus mengungsi ke kampung-kampung di sekitarnya. (haryono/win)