Saturday, 14 December 2019

Juni Perbaikan Jalan di Jakarta Tuntas

Sabtu, 21 Januari 2012 — 23:19 WIB
perbaika

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta memastikan Juni 2012 perbaikan seluruh jalan rusak di lima wilayah tuntas. Tahun lalu, baru 4 persen yang diselesaikan dari luas jalan rusak 397 ribu meter persegi.

“Pada Junis mendatang kita akan tuntaskan perbaikan jalan rusak ini,”kata Ery Basworo, kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, kemarin.

Menrut Ery, dari total jalan rusak baru sekitar 15.880 meter persegi yang sudah diperbaiki. Hal tersebut karena terhalang musim hujan. “Dalam musim hujan ini tidak mungkin kami lakukan perbaikan permanen. Karena itu kami menunggu musim hujan usai, baru dilakukan perbaikan permanen. Sementara ini, untuk menjaga keamanan pengendaraa bermotor di jalan, kami lalukan perbaikan sementara jalan rusak dengan patching atau penambalan jalan,” kata Ery Basworo.

Dari data, anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan jalan rusaka sementara ini mencapai Rp 97,98 miliar untuk lima wilayah. Dengan rincian, Jakarta Pusat sebesar Rp 23,16 miliar, Jakarta Utara Rp 14 miliar, Jakarta Barat Rp 23,6 miliar, Jakarta Selatan Rp 14,5 miliar, dan Jakarta Timur Rp 22,5 miliar.

“Tiap malam petugas kami melakukan penambalan jalan berlubang di lima wilayah. Penambalan lubang merupakan langkah cukup tepat untuk mengatasi jalan rusak selama musim hujan,” ujarnya.

Di wilayah Jakarta Pusat, ruas jalan yang sudah diperbaiki antara lain Jalan Ridwa Rais depan Stasiun Gambir, Jl Sudirman sisi barat sepanjang 81,20 meter persegi, Jalan Satrio dan Jalan Juanda dan Sudirman, Jalan Thamrin arah Merdeka Barat dan Jalan Sudirman jalur lambat arah Blok M.

Di Jakarta Utara, antara lain Jalan Plumpang Semper sepanjang 96,26 meter persegi, Jalan Tipar Cakung sepanjang 81,20 meter persegi, Jalan Danau Sunter Utara sepanjang 84,65 meter persegi, Jalan Gunung Sahari sepanjang 87,77 meter persegi, Jalan Perintis Kemerdekaan sepanjang 217,59 meter persegi.

Untuk Jakarta Barat, jalan rusak yang sudah diperbaiki antara lain Jalan TB Angke, Jalan Daan Mogot, Jalan Tomang arah Harmoni, Jalan S Parman arah Grogol, Jakan Kyai Tapa dan Jalan Panjang arah Pondok Indah.

Jakarta Selatan, Jalan Harsono RM arah Ragunan, Jalan Halte Busway Ragunan, Jalan Sisingamangaraja arah Sudirman, Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Rasuna Said, Jalan Mampang Prapatan dan Jalan Buncit Raya.

Jakarta Timur, di antaranya Jalan I Gusti Ngurah Rai lanjutan, Jalan Basuk Rahmat, Jalan Pemuda, Jalan Pondok Gede Raya dan TMII, Jalan Pulogebang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Otista raya, dan Jalan Bekasi Timur. (john/b)