Friday, 06 December 2019

Empat Pengedar Uang Palsu Dibekuk

Selasa, 24 Januari 2012 — 12:28 WIB
uang palsu

uang palsu

JAKARTA (Pos Kota)-Petugas Polsek Metro Cilincing, Jakarta Utara membekuk empat tersangka pengedar uang palsu dan menyita uang palsu p31 juta. Keempat pelaku yakni A, 39, M, 45, AS, 42 dan S, 55 , dibekuk di lokasi berbeda di wilayah Bogor dan Sukabumi.

Kapolsek Metro Cilincing, Komisaris Polisi Tuhana mengatakan dari keempat tersangka disita barang bukti uang palsu pecahan Rp. 100.000,- dan Rp. 50.000,- senilai Rp. 31 juta.

Kapolsek menjelaskan pengungkapan berawal dari adanya informasi masyarakat tentang adanya peredaran uang palsu di wilayah Kalibaru. Informasi selanjutnya ditindaklanjuti, kemudian berhasil ditangkap A, 39 tahun, di rumahnya yang terletak di Gang 2 RT 09, Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

“Di sana kami mengamankan peredaran uang palsu dengan barang bukti berupa uang palsu pecahan Rp100.000,- sebanyak 10 lembar dan uang Rp50.000,- sebanyak 9 lembar. Totalnya Rp1,45 juta,” kata Kapolsek, Selasa (24/1 seperti dikutip dari Humas Polda Metro Jaya.

Dari pengembangan terhadap tersangka , menuju kepada pelaku lainnya di wilayah Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat. Berturut-turu ditangkap M, di Desa Bilabong, Kecamatan Bojong Gede, Bogor. Dari tangan M, polisi menyita barang bukti berupa uang palsu dengan pecahan Rp50.000,- senilai total Rp 10 juta.

Lalu AS,ditangkap di Kampung Tampolok RT 01 RW 02, Desa Tugu Bandung, Sukabumi. Dari AS polisi menyita uang palsu senilai Rp20 juta.

Tersangka lainnya yang ditangkap adalah S yang berperan sebagai perantara dari para tersangka ke yang produksi, kata Kapolsek.

Kini petugas masih terus mengembangkan kasus untuk mengungkap yang memproduksi uang palsu tersebut. Karena dari keempat tersangka tersebut, polisi tidak menemukan adanya alat pencetak uang. “Kami akan mencari percetakan uang palsu ini. “Jadi ada kemungkinan tersangka lain,” papar Kapolsek.

Seluruh tersangka kini mendekam di tahanan Mapolsetro Cilincing. Mereka dijerat dengan pasal 245 KUHP tentang peredaran uang palsu. Ancaman hukuman sampai 15 tahun penjara.(B)

 

Foto : Ilustrasi uang palsu (humas polda)