Tuesday, 15 October 2019

Partai Aceh Ikut Pilkada

Selasa, 24 Januari 2012 — 8:47 WIB
Partai_Aceh

JAKARTA (Pos Kota) – Partai Aceh (PA) memanfaatkan perpanjangan waktu pendaftaran calon kepala daerah pada Pilkada Aceh dari 16 Februari menjadi 9 April 2012. Perpanjangan setelah ada putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa kewenangan lembaga negara (SKLN) antara penggugat Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPUD) Aceh.

Dalam masa perpanjangan itu Partai Aceh mendaftarkan Dr Zaini Abdullah-Muzakir Manaf sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wagub Aceh ke KIP Aceh. Hampir bersamaan PA juga mendaftarkan calonnya pada tujuh kabupaten/kota se-Aceh.

“Kami penuhi janji, Partai Aceh mendaftarkan calonnya dalam Pilkada Aceh. Keputusan dan sikap ini akan kami sampaikan pada rapat partai yang akan diselenggarakan dalam waktu secepatnya,” ujar juru bicara Partai Aceh Fachrul Razi yang berada di Jakarta kepada wartawan, Jumat (20/1).

PUTUSAN SELA MK

Putusan sela MK muncul keluar setelah Mendagri Gamawan Fauzi mendaftarkan gugatan sengketa SKLN terhadap keputusan KIP/KPUD Aceh tentang pelaksanaan serentak 13 Pilkada Serambi Mekah pada 16 Februari 2012. “Putusan sela MK ini sebagai jalan keluar damainya pilkada Aceh dengan memberi kesempatan Partai Aceh mendaftarkan calonnya,” ujar Mendagri.

Partai Aceh merupakan partai politik yang berlatarbelakang mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Kader partai ini mendominasi dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Aceh. (rinaldi/b)