Thursday, 05 December 2019

Warga-TNI Bersihkan Kali Sentiong

Kamis, 26 Januari 2012 — 22:27 WIB
sentiong-sub

KEMAYORAN (Pos Kota) – Ratusan warga bersama aparat TNI dan Polri melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah di aliran Kali Sentiong di wilayah RW 04, 05 dan 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (26/1/2012).

Kerja bakti dipimpin Walikota Jakpus, H. Saefullah bersama Dandim 0501 Jakpus, Letkol. Kav. A. Purboyo. Ikut juga Camat Kemayoran, Marhayadi, Danramil Kapten Inf. Saliman, lurah dan ketua LMK se-Kecamatan Kemayoran.

Dengan menaiki getek dari bambu dan perahu karet, warga menyisir Kali Sentiong unutk mengambil sampah. Selain itu, juga dilakukan penanam pohon pelindung di pinggiran kali dengan jenis Pohon Nangka, Mangga, Mahoni dan Bintaro. Tujuannya untuk menghijaukan lingkungan dan mengurangi pulusi udara.

Walikota minta kepada warga Kemayoran yang tinggal di kawasan sepanjang Kali Sentiong untuk ikut menjaga dan memelihara kebersihan sungai, dengan tidak membuang sampah ke kali.  “Mari kita jaga dan pelihara kebersihan kali. Meski airnya hitam, tapi kalau dijaga dan dipelihara terlihat bersih dan aliran air lancar,” kata Saefullah.

“Kalau ingin kalinya bersih dan tidak bau, tolong mulai hari ini jangan buang sampah ke kali,” tambah walikota yang bersama Dandim 0501 Jakpus dan Camat Kemayoran menanam pohon pelindung di pinggiran kali.

Dandim 0501 Jakpus, Letkol. Kav. A.Purboyo mengatakan anggota TNI merasa terpanggil untuk membantu Pemprov DKI dalam mewujudkan program kali bersih. “Kami mendukung program tersebut, sehingga kali-kali yang ada di DKI Jakarta khususnya Jakpus menjadi bersih dan terpelihara,” ucapnya.

(tarta/sir)