Friday, 18 October 2019

Nelayan Sukabumi Kembali Melaut

Kamis, 2 Februari 2012 — 23:56 WIB
iluscuaca

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebagian nelayan di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kembali berani melaut. Pasalnya, kondisi cuaca kini sudah mulai berangsur-angsur normal. Kendati demikian, produksi ikan laut oleh para nelayan Pelabuhan Ratu masih minim.

Pelaksana Harian Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Sukabumi, Tendi Sudama mengakui sebagian nelayan di wilayahnya sudah memberanikan melaut. Menurutnya, kondisi itu didukung dengan cuaca yang mulai berangsur bersahabat.

“Kalau dibandingkan dengan beberapa pekan terakhir, sekarang cuacanya lebih membaik. Sehingga sebagian nelayan sudah melaut. Namun cuaca sekarang juga belum menentu. Kondisi cuaca baik biasany mulai pagi sampai siang. Menjelang malam, angin kencang masih cukup besar sehingga mempengaruhi gelombang laut,” kata Tendi kepada Pos Kota, Kamis (2/2) siang.

Disebutkan Tendi, nelayan sudah melaut terutama yang menggunakan perahu jenis congkreng, payang. Namun, kata Tendi, kendati sudah ada nelayan yang melaut hasil tangkapan ikan masih minim.

Senada juga diakui oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Arief Rahman. Menurut Arief, tinggi gelombang laut yang berada di luar teluk paling tinggi mencapai 2,5 meter dan untuk di dalam teluk hanya satu meter. Padahal, pada cuaca buruk gelombang air laut mencapai tiga meter lebih.

“Walaupun cuaca sudah agak membaik, tetap saja kita imbau agar nelayan tetap waspada. Sebab, cuaca bisa saja berubah kapan pun,” ingatnya.

Sementara itu, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, wilayah Sukabumi dalam tiga hari ke depan berpeluang kembali terjadi angin kencang. Pada Kamis dan Jumat (3/2) wilayah Sukabumi berpotensi terjadi Hujan Ringan dengan suhu 24-31°C, kelembapan 68-92 persen dan kecepatan angin mencapai 30 KM/jam dan arahnya ke Barat. (sule/b)