Thursday, 21 November 2019

Tutup Gorong-gorong Juga Disikat Pencuri

Senin, 6 Februari 2012 — 23:50 WIB
ilustutup

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah besi gelagar Jembatan Kali Pakin raib dicuri maling, kini hal yang sama juga terjadi terhadap tutup gorong-gorong air di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Infrastruktur sarana pengendali genangan air yang terbuat dari baja tersebut diduga dicuri dengan menggunakan mobil derek.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Tarjuki bahwa aksi tangan nakal ini sangat meresahkan. Pasalnya dengan gorong-gorong yang terbuka dapat membahayakan pengendara yang melintas. “Pencurian ini bukan hanya terjadi di Jalan Sudirman tapi juga di lokasi lainnya,” ujar Tarjuki, Senin (6/2).

Lebih lanjut Tarjuki mengatakan , tutup gorong-gorong yang hilang itu berada di Jalan Jenderal Sudirman sisi timur atau menuju ke Blok M.

Tarjuki menduga pencurian ini dilakukan secara matang. Alasannya tidak mungkin pelaku menganbil barang tersebut dengan menggunakan linggis. “Berat baja mencapai puluhan kilogram. Belum lagi di atas baja itu kami cor. Jadi tidak mungkin manual. Tutup gorong-gorong hanya bisa diangkat dengan mobil derek,” tandasnya.

Adapun penutup gorong-gorong atau yang disebut dengan grill berukuran 80 X 80 cm dan memiliki berat sekitar 200 kilogram. Karenanya untuk mengantisipasi kejadian itu tidak terulang maka grill tersebut akan dilas. Tidak hanya itu patroli rutin di kawasan Jenderal Sudirman juga bakal dilakukan. Sehingga potensi kehilangan akan terminimalisir.

Namun Tarjuki berharap adanya peran serta dari pihak kepolisian untuk ikut menyelidiki kasus pencurian ini. “Bagaimanapun ini aset negara. Jadi pencurian dapat dikenakan tidak pidana yang mengakibatkan kerugian negara,” pungkasnya.(guruh/b)

Terbaru

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna usai mengikuti rapat membahas kesiapan Kampus UIII Cimanggis dengan Wakil Presiden RI Mar'uf Amin. (anton)
Kamis, 21/11/2019 — 11:23 WIB
Antisipasi Macet di Sekitar Proyek Kampus UIII Cimanggis
Pemkot Depok Usulkan Pelebaran Jalan Raya Bogor-Juanda