Saturday, 19 October 2019

Warga Marunda Kuras Lumpur Kali

Minggu, 12 Februari 2012 — 17:05 WIB
kerja-sub

CILINCING (Pos Kota) –Ratusan warga Marunda, Kecamatan, Cilincing Jakarta Utara menggelar aksi bersih sampah dan kuras lumpur di sepanjang Kali Sarang Bangao dan Blencong sepanjang 600 meter. Kerja bakti massal ini dilakukan karena setiap kali terjadi hujan kawasan tersebut sering terjadi genangan dan banjir. Diharapkan setelah dibersihkan air dapat mengalir dengan cepat ke muara.

“Kawasan ini merupakan langganan banjir, jadi bersama warga kami melakukan kerja bakti bersama-sama. Dengan cara seperti ini kami warga disini berharap jika terjadi hujan tidak akan ada genangan dan banjir lagi,”jelas Abdullah, 39 warga RT 04 RW 06, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Dalam kerja bakti ini, kata Abdullah, lumpur yang memenuhi sepanjang kedua kali tersebut diangkat. Selain itu, rumput yang ada di sisi saluran tersebut juga dibabat karena warga khawatir musim hujan ini akan banyak binatang buas jika tidak di bersihkan.

Sementara itu, Wakil Lurah Marunda, Sutarja, mengakui adanya kerjabakti bersihkan saluran ini. Kegiatan ini  merupakan inisiatif warga untuk terjun bersama-sama menguras lumpur maupun sampah yang ada disaluran air sepanjang 600 meter.

“Kami sangat berharap dengan kondisi saluran yang bersih, warga tidak akan merasa cemas lagi jika turun, karena air sudah berjalan lancar di saluran tersebut” kata Sutarja saat ditemui di lokasi kegiatan kerjabakti.

Diakui oleh Sutarja, memang sebelum dibersihkan kondisi kedua kali itu sangat memprihatinkan. Disamping banyak lumpur,  plastik, saluran tersebut njuga dipenuhi rumput liar, sehingga membuat air tidak bisa berjalan dengan lancar ke muara.
(wandi/sir)

Teks Gbr- Warga berusaha mengangkat lumpur dan membabat rumput yang ada di sepanjang Kali Blencong. (wandi)