Monday, 18 November 2019

KRI Kujang-642 Perkuat Armada TNI AL

Kamis, 16 Februari 2012 — 12:18 WIB
panglima-sub

BATAM (Pos Kota) – Setelah sebelumnya sukses meluncurkan kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR-40) produksi dalam negeri yakni KRI Clurit-641 pada April 2011 lalu, kali ini kembali kapal kedua hasil karya anak bangsa produksi PT. Palindo Marine yang diberi nama KRI Kujang-642 diluncurkan dan akan memperkuat Armada Tempur TNI AL, Kamis (16/02), di Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yosgiantoro, yang secara langsung hadir pada peluncuran KRI Kujang-642, peristiwa ini harus dilihat sebagai salah satu langkah bagi kebangkitan industri dalam negeri guna menuju kemadirian, dan peristiwa ini juga menyimpan nilai penting, dimana KRI Kujang-642 merupakan kapal kedua dari jenis Kapal Cepat Rudal (KCR-40) yang merupakan hasil karya anak bangsa, sekaligus merupakan bagian dari pembangunan kekuatan TNI AL menuju kekuatan pokok yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara.

KRI Kujang-642 didesain sebagai kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul, dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula. Kapal berukuran panjang 43 meter, lebar 7,40 meter, dan berat 250 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 27 knot, serta memiliki daya tembak/hancur yang besar karena dilengkapi persenjataan peluru kendali Rudal C-705. Kelebihan lain kapal perang ini dilengkapi dengan sistem kontrol persenjataan canggih berupa Sensor Weapon Control (Sewaco), yang mampu mengintregasikan meriam caliber 30 mm 6 laras sebagai Close in Weapon System (CIWS), dan meriam anjungan 2 unit caliber 20 mm.

 


Selain Menhan RI, turut hadir dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno, Rombongan Komisi I DPR RI, Gubernur KDH Tingkat I Kepulauan Riau dan jajarannya, Direktur PT. Palindo Marine, serta pejabat militer dan sipil lainnya.

Pada kesempatan yang sama Menhan RI  secara langsung melantik Mayor Laut (P) Lugi Santoso sebagai Komandan kapal KRI Kujang-642 sekaligus memberikan arahan kepada personel pengawak itu agar senantiasa memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,  serta selalu merawat dan memelihara kapal tersebut agar dapat beroperasi secara optimal dalam mengawal kedaulatan dan menegakkan hukum di laut.

A.n. Kepala Dispenal
Kasubdispenum
Rony E Turangan
Kolonel Laut (P) NRP. 10848/P

  • http://endanesia.com/ Endanesia

    Semakin banyak produk dalam negeri yg dipakai sama dengan semakin banyak produk yang diujikan sehingga kualitasnya akan semakin baik.