Tuesday, 12 November 2019

Liga Eropa Bakal Hadirkan Juara Baru, City Singkirkan Porto

Kamis, 23 Februari 2012 — 8:55 WIB
Liga Eropa Bakal Hadirkan Juara Baru, City Singkirkan Porto

MANCHESTER (Pos Kota) – Liga Eropa UEFA dipastikan bakal menghadirkan jawara baru musim ini setelah juara bertahan FC Porto tersingkir, usai dipecundangi Manchester City 4-0 pada leg kedua babak 32 besar di Stadion Etihad, Kamis (23/2) dinihari WIB. Hasil itu sekaligus memantapkan langkah City ke babak 16 besar Liga Eropa dengan agregat telak 6-1 atas Porto yang bermain dengan 10 orang di babak kedua.

Tampil dengan keunggulan 2-1 pada leg pertama di kandang Porto, City tampil sangat percaya diri di depan pendukungnya sendiri di Stadion Etihad, Buktinya, belum genap satu menit laga berjalan, tim besutan Roberto Mancini sudah bisa membuka keunggulan lewat gol cepat Sergio ‘Kun’ Aguero.

Usai menerima umpan terobosan Yaya Toure, Aguero berhasil masuk ke kotak penalti lawan sebelum menaklukkan kiper Porto, Helton. Aguero nyaris menambah keunggulan City di menit ke-29, jika saja bola cip-nya tidak menyentuh mistar gawang setelah lolos dari jebakan off-side dan mengelabui Helton. Akibatnya, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Porto yang beruaha mengejar defisit gol, langsung berinisiatif melancarkan serangan dan berhasil mencetak gol lewat James Rodriguez pada menit ke-57. Sayang, gol itu dianulir wasit setelah Rodriguez telah lebih dulu dianggap berada di posisi offside. Keasyikan menyerang, Porto justru lupa dengan pertahanan.

Akibatnya, gawang Helton kembali jebol lewat gol Edin Dzeko, usai menerima umpan Aguero di menit ke-76, sebelum Porto harus bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Rolando, satu menit berselang. Situasi itu langsung dimanfaatkan skuad Mancini untuk memastikan kemenangan dengan skor akhir 4-0, berkat gol tambahan David Silva di menit ke-84 dan David Pizarro, empat menit jelang bubaran.

Sealnjutnya, anak-anak Etihad akan tampil lebih percaya diri untuk kembali fokus memperkokoh puncak klasemen Liga Primer Inggris saat menjamu Blackburn Rovers, akhir pekan ini. Sebaliknya, Porto harus bisa membayar kekalahan itu untuk mengamankan jarak dengan pimpinan klasemen Liga Sagres Portugal, Benfica saat menjamu Feirense, akhir pekan ini.

(junius/sir)