Wednesday, 23 October 2019

Tips

Ganti Ban Mobil

Senin, 27 Februari 2012 — 12:05 WIB
gb

TAK ada pengendara mobil atau motor yang mau kempes bannya di jalan. Apalagi bila sedang melaju di tol. Tapi seberapapun kesalnya masalah ini harus diatasi. Anda harus turun dan mengganti ban yang kempes.

Banyak hal yang harus diperhatikan terutama jika Anda seorang diri. Carilah tempat yang ada orang lain. Misalnya kalau di tol bisa mendekati gerbang. Tapi kalau tidak memungkinkan buatlah strategi atau cara yang paling nyaman dan aman.

Pinggirkan kendaraan pada posisi paling aman. Jika ban yang bermasalah kiri tentu relatif lebih aman, tapi kalau sebelah kanan resikonya lebih besar. Sebelum mengganti ban, siapkan semua peralatan, turunkan dulu ban serep dan letakkan di belakang untuk pengaman Anda.

PINTU DIKUNCI

Sebelum membuka ban, letakkan barang-barang di dalam mobil yang bisa memancing orang jahat, dalam posisi aman. Misal tas atau laptop di box mobil atau setidaknya posisi paling aman seperti di bawah jok.

Jangn lupa jendela atau pintu mobil dalam keadaan tertutup dan terkunci. Sehingga konsentrasi benar-benar membereskan ban. Meski demikain, sekali-sekali lihat posisi mobil Anda, karena mungkin saja terjadi ada penjahat yang ‘nyatroni mobil saat sedang mengganti ban.

Setelah ban terlepas, ganti ban serep sebagai pengaman dengan ban yang kempes. Lalu pasang ban serep. Saat memasang ban, ada kalanya anda kesulitan memasukkan baut ke lubang velk. Karena itu mulailah dari lubang baut terbawah. Setelah itu baru lubang yang lain.

(untung)