Thursday, 12 December 2019

Tim Khusus Lacak Pembunuh Bayaran di Dunia Maya

Kamis, 8 Maret 2012 — 21:15 WIB
Hitman-n

BANDUNG (Pos Kota) – Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk melacak pembunuh bayaran yang beriklan di dunia maya. Dua blog yang menawarkan jasa menghabisi nyawa, ditutup pemiliknya. Namun blog lain masih bisa diakses.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan, telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengusut blog yang menerima jasa menghabisi nyawa yang mengaku hanya menerima order dari Bandung. “Benar atau tidaknya bukan persoalan, yang jelas blog ini sudah meresahkan,” ujarnya, Kamis (8/3) siang.

Di kantornya, Polda Metro Jaya, Kabid Humas Kombes Pol Rikwanto, mengatakan tim khusus telah dibentuk, beranggotakan petugas Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. “Kami akan lacak siapa di belakang pembuat situs dan apa motifnya,” jelasnya.

Kasubdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Audie Latuheru, mengatakan, pihaknya tengah melacak situs yang menawarkan jasa pembunuh bayaran. Menurutnya, petugas Cyber Crime terus melakukan patroli dunia maya dengan mencari situs yang isinya  membahayakan keselamatan jiwa.

Dalam sehari, terlacak sedikitnya 100 situs yang dicurigai berbau tindak kejahatan, seperti bisnis seks dan sewa pembunuh bayaran.

PASAL BERLAPIS

Meski begitu, lanjutnya, polisi tak bisa begitu saja menangkap pelakunya. “Jika sudah ada transaksi antara penyewa pembunuh bayaran dengan penyedia situs baru petugas bisa meringkus,” kata AKBP Audie.

“Mereka bisa dikenakan pasal berlais mulai dari pembunuhan berencana, Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik dan Undang- Undang Darurat jika memiliki senjata api.”

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, dihubungi semalam, mengatakan, dirinya belum tahu betul isi situs pembunuh bayaran yang ditemukan di wilayah Bandung, Jawa Barat.

“Saya akan tanyakan dulu ke Bareskrim, situsnya seperti apa dan langkah apa yang akan dilakukan Bareskrim untuk mencegah munculnya situs-situs seperti itu,” kata Saud.

Ditambahkan  Saud Usman, penelitian petugas, salah satu situs pembunuh bayaran yang aktif sejak 2008 dan aktif hingga sekarang adalah www.indobelati.blogspot.com.

“Situs ini akan memberikan jasa membunuh dengan bayaran imbalan sejumlah uang,” katanya. “Pembuatnya bisa dijerat  dengan KUHP dan bisa pula dengan menggunakan UU ITE.”

Sementara itu, dua blog yang menawarkan jasa pembunuh bayaran, yakni  www.hitmanindonesia.wordpress.com dan www.pembunuh-bayaran.blogspot.com tak lagi bisa diakses karena sudah ditutup pemiliknya. Satu blog lain www.sewapembunuh.wordpress.com masih aktif.

Sedangkan di situs jejaring sosial facebook, pemilik akun ‘pembunuh bayaran’ dengan  gambar profil pria berkaos biru dengan kepala pakai kupluk dan tangan diborgol yang digelandang pria berpenutup wajah serta memlengkapi diri dengan senjata api laras panjang, tetap aktiv.

Dalam status yang sama, juga di status lainnya, banyak yang mengejek pemilik akun tersebut dan tak mempercayainya sebagai pembunuh bayaran. (edi/adin/dono/yp/r)

  • http://profile.yahoo.com/QK26LC5TIZT5YBGWWAVT6IBNCE Baby Raptor

    Hitman