Friday, 18 October 2019

Warga Kebon Baru Desak Normalisasi Ciliwung

Rabu, 14 Maret 2012 — 19:56 WIB
normali143

TEBET (Pos Kota) – Selama berpuluh tahun warga di 6 RW di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan menjadi langganan banjir. Warga mendesak dipercepatnya normalisasi Kali Ciliwung.

“Lokasi tempat tinggal kami memang berada di cekungan jadi rawan banjir. Itu sebabnya normalisasi Kali Ciliwung dipercepat dong,” tandas Mulyanto, warga RW 10 Kelurahan Kebon Baru, Rabu (14/3).

Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kebon Baru, H.Boesono,75, mengakui warganya sudah seringkali curhat saking seringnya kebanjiran dan berharap pemerintah segera menormalisasikan Kali Ciliwung.

“Warga kami makin kesulitan mencari tempat tinggal jadi hanya sanggup menetap di sini. Tapi lokasinya rawan banjir baik banjir lokal maupun banjir kiriman dari Bogor,” kata tokoh warga ini.

Di Kel. Kebon Baru dari 14 RW, diantaranya 6 RW rawan banjir yakni RW 1,2,4,9 dan 10.

Sebagai kawasan padat hunian, Kelurahan Kebon Baru tak hanya rentan banjir namun rawan kebakaran.

Untuk mengantisipasi maupun penanggulangan banjir dan bencana, pengurus LMK sudah menyiapkan dana lumbung pangan Rp9 juta yang berasal dari pos bina sosial program pembangunan masyarakat kelurahan (PPMK).

“Dana lumbung pangan diprioritaskan untuk bantuan logistik pada hari pertama bencana agar warga tidak keleleran sambil menunggu bantuan dari unit terkait lainnya,” paparnya. (Rachmi/b)

Teks : Ketua LM Kebon Baru H. Boesono