Friday, 22 November 2019

Pantai Klayar, Surga Tersembunyi di Pacitan

Jumat, 16 Maret 2012 — 14:06 WIB
pantai-sub

SURABAYA (Pos Kota)- Tingkat kunjungan wisatawan asing ke Provinsi Jawa Timur pada tahun 2011 lalu naik 5,04% menjadi 14.894 orang, karena besarnya permintaan pasar pariwisata mengunjungi sejumlah objek wisata di provinsi ini. Dan salah satu tempat yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi adalah Pantai Klanyar, Pacitan.

Selain dikenal dengan julukan ‘Kota Seribu Gua’ Pacitan ternyata menyimpan kecantikan alam yang tersembunyi,  yakni Pantai Klayar. Sebuah pantai nan cantik dengan karang yang eksotis siap memanjakan pengunjung yang datang. Sayang, akses menuju ke pantai itu masih sulit, sehingga pengunjung hanya punya satu pilihan untuk menuju tempat ini, yakni kendaraan pribadi.

Pantai Klayar lebih dikenal wisatawan asing daripada wisatawan lokal. Selain memiliki pemandangan yang masih alami, pantai Klanyar juga punya hamparan karang yang eksotis. Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar Ini berada sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan. Pantai Klayar dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota Pacitan.

Pantai Klayar sendiri merupakan teluk kecil yang terbentuk dari tebing-tebing karang. Garis pantainya tak terlalu panjang, sepanjang Pantai Ancol. Di sisi timur, 2 karang tinggi menjulang sepohon kelapa menjadi ikon favorite petualang. Di balik karang, terhampar karang yang diterjang ombak Samudra Indonesia setiap saat. Berhimpitan dengan karang tersebut, berdiri kokoh pulau karang layaknya di Tanah Lot, Bali.

“Klayar berasal dari kata Klayar Kluyur, artinya jalan-jalan,” cerita warga setempat, Tukijan,61.
Di tengah garis pantai, terdapat hamparan pantai dengan batu karang kecil tersebar di tepi pantai. Sedangkan di tepi barat, tebing karang terbentang hingga 3 gugus setinggi lebih dari 50 meter. Tebing ini mengingatkan pada perang Inggris melawan Perancis dalam film Robin Hood yang dibintangi Russel Crowe.

“Waktu terbaik adalah musim penghujan. Kita dapat melihat matahari bulat perlahan tenggelam ditelan laut. Kalau musim kemarau sunset di balik bukit ,” ceritanya.

Sebagai kawasan yang masih alami, suhu air sungai dari bukit menuju pantai masih dingin dan jernih. Batu-batu karang yang beragam ukurannya, menambah kelokan Pantai Klayar di Jawa Timur. Kondisi alam di sini sering dijadikan buruan foto bagi para fotografer. Mungkin saja, jika Anda berminat untuk melakukan foto pernikahan, batu-batu karang di Pantai Klayar dapat menjadi latar yang unik.

Hamparan pasir yang putih dan bersih dan ombaknya yang berderu-deru, akan menambah suasana syahdu di pantai ini. Saat senja, keindahan Pantai Klayar pun bertambah dengan cahaya sunset yang dikemas dengan bebatuan karang yang beragam.
Memang, belum banyak penginapan yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap Anda di pantai ini. Oleh sebab itu, datanglah dari pagi hari, dijamin kelokan batu karang, pasir, ombak, dan pantainya, akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik Anda!

Jarak pantai Klayar dari Jogyakarta kurang lebih sekitar 110 km, dengan rute Jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Mengingat pantai Klayar ini belum dilalui oleh angkutan umum, maka untuk menuju lokasi ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Dari jalan utama Pracimantoro – Pacitan, Anda bisa belok ke kanan (ada papan petunjuk arahnya). Jarak dari situ ke pantai Klayar masih kurang lebih 20 km. Beberapa bagian dari jalan menuju pantai Klayar banyak jalan yang berlubang, jadi Anda mesti berhati-hati.

3 JAM DARI PACITAN

Letak Pantai Klayar sangat jauh dari keramaian maupun kota Pacitan sendiri. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 3 jam naik sepeda motor dari jantung kota Pacitan dengan kecepatan rata-rata 50-60 Km/Jam lewat jalan tembusan. Tempatnya pun naik turun bukit yang terjal. Namun bagi pengejar landscape dan backpacker, keindahan yang ditawarkan akan sangat sepadan dengan kerunyaman transportasi dan jarak.

Pantai Klayar sangat sepi, angin berhembus pun Anda bisa mendengarnya, senyapnya membuat Anda benar-benar seperti terhipnotis. Teriakan Anda akan terdengar dimain-mainkan angin kesana kemari dengan sangat jelas. Karena itu persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Lakukan antisipasi semisal bila ban anda bocor atau bensin habis di tengah jalan.

Terlepas dari segala kesulitan medannya, rasa lelah dalam perjalanan akan langsung terhibur begitu melihat pasir pantai yang sangat putih alami sisa-sisa hewan laut yang sudah meremah. Anda juga akan melihat nyiur kelapa yang bergelayut rapi. Contour dan texture landscape-nya sangat bervariasi. Ada karang yang menjulang berbentuk mirip Sphinx di Mesir, ada juga landasan karang yang memungkinkan anda melihat gulungan ombak dari samping.

AIR MANCUR

Di tempat ini terdapat semacam air mancur yang berasal dari lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan. Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga.

Efek blow pipe di pantai ini menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking. Semburan mirip geyser. Ini terjadi secara periodik. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan membentuk aneka ragam bangun yang disebut tafon. Oleh masyarakat sekitar air mancur ini diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

(nurqomar/sir)