Sunday, 13 October 2019

Air Got Meluap ke Jalanan

Warga Lebak Bulus Minta Saluran Diperbaiki

Selasa, 20 Maret 2012 — 20:05 WIB
got203

CILANDAK (Pos Kota) – Warga RW 04 Kelurhan Lebak Bulus, Cilandak mendesak Sudin PU Tata Air setempat membuat saluran air di Kampung Gunung Balong karena hampir setiap hujan air tak bisa mengalir hingga membuat genangan di jalan utama tersebut.

“Keluhan terhadap genangan saat hujan sudah berulang kali disampaikan warga melalui kelurahan ke Sudin PU Tata Air Jaksel tapi sampai kini belum ada tanggapan serius,” kata Ny. Imah,warga RW 04, Lebak Bulus, Cilandak, Selasa (20/3).

Menurut dia, tidak adanya saluran air di kanan dan kiri jalan tentunya bakal merusak kondisi badan jalan yang ad karena aspal selalu terendam air. “Kalau sudah rusak tentunya pekerjaan jadi dua kali selain membuat saluran air juga memperbaiki badan jalan yang rusak,” tuturnya.

Keluhan tak hanya masalah pembuatan saluran air pinggir jalan utama di Kampung Gunung Balong tapi juga banjir luapan air Kali Grogol di lingkungan RW 08 karena ratusan rumah di kawasan tersebut selalu kebanjiran jika ada air kiriman dari Depok atau Bogor.

“Pengerukan atau normalisasi Kali Grogol juga sudah diminta berulang kali karena dangkal. Pun tak mendapatkan respon dari instansi terkait sehingga warga di RW 08 selalu waspada jika cuaca hujan di wilayah Depok dan Bogor karena bakal kebanjiran luapan air Kali Grogol,” ujar Rahman, warga RW 08, Kel. Lebak Bulus.

Warga di lingkungan tersebut sudah meminta pihak kelurahan melalui Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) k mendesak Pemkot Jaksel khususnya Sudin PU Tata Air setempat memprogramkan pembuatan saluran air dan pengerukan Kali Grogol, katanya.

Ketua LMK Lebak Bulus H. Chaerudin didampingi Lurah Lebak Bulus M. Arief, membenarkan adanya keluhan warga berkaitan dengan genangan di badan jalan dan pengerukan Kali Grogol. “Usulan dan permintaan tersebut sudah disampaikan melalui musrenbang tingkat kecamatan maupun melalui surat ke Sudin PU Tata Air Jaksel,” tambahnya. (anton)

Teks :Ketua LMK Lebak Bulus H. Chaerudin. (anton)