Monday, 16 December 2019

Sampah Dari Kali Sentiong Dikeruk

Rabu, 28 Maret 2012 — 17:12 WIB
sentiong283

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Untuk menciptakan kali yang bersih, puluhan petugas Sudin Tata Air, Pemkot Jakarta Utara membersihkan sampah di sepanjang kali Sentiong di Jalan Danau Sunter Barat, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Puluhan petugas mengangkat puluhan ton sampah dengan menggunakan peralatan seadanya seperti cangkul dan serokan.

Diharapkan setelah dibersihkan, kawasan tersebut yang tadinya setiap kali hujan selalu tergenang, kedepan tidak banjir lagi. “Sampah yang ada kali ini (Sentiong) setiap pagi dan siang selalu kami angkut. Minimal dalam satu hari dua truk, setelah sampah itu dipres dibuang di Bantar Gebang,” ujar Suparjo, 45, petugas kebersihan, Rabu (28/03).

Dalam membersihkan kali tersebut petugas dibagi dua kelompok. Satu kelompok mengangkat sampah dari kali ke darat dan sebagiannya lagi mengangkat dari darat langsung ke truk. Jenis sampah yang diangkat itu bermacam-macam namun umumnya sampah plastik dan rumah tangga.

Kirman,35, warga RW 20, Sunter Agung, berharap sampah kali dapat tuntas dikerjakan. Sebab, katanya, keberadaan sampah kali mengganggu air yang akan ke muara.

Kasudin PU Tata Air, Pemkot Jakarta Utara Rifiq Abdullah, mengakui pihaknya melakukan bersih-bersih di kali Sentiong. Ini dilakukan selain karena banyaknya sampah di sepanjang kali tersebut juga dikhawatirkan akan menimbulkan genangan dan banjir saat terjadi hujan.
(Wandi)

Teks: Sejumlah pekerja dari Sudin Pu Tata Air Pemkot Jakarta Utara sedang mengeruk sampah di Kali Sentiong. (Wandi)

Terbaru

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun saat memaparkan temuannya. (ikbal)
Senin, 16/12/2019 — 14:43 WIB
Isu Politik Dinasti Bisa Ancam Gibran di Pilkada
Gibran Rakabuming Menghadiri talkshow di pondok pesantren al-muayyad dalam rangka hari santri nasional 2019 (ist)
Senin, 16/12/2019 — 14:17 WIB
Survei Median
Gibran Kalah Tenar dengan Wawali Solo, Achmad Purnomo