Monday, 21 October 2019

70 Imigran Gelap Ditangkap di Sukabumi

Jumat, 30 Maret 2012 — 16:41 WIB
suk303

SUKABUMI (Pos Kota) – Jajaran Polres Sukabumi, Jawa Barat kembali mengamankan puluhan imigran gelap di sekitar Pantai Cisolok yang hendak menyebrang ke Australia, Jumat (29/3) pagi.

Penangkapan sekitar 70 imigran ini berdasarkan informasi warga yang mencurigai gelagat tidak beres. Warga kemudian langsung melaporkannya Mapolsek Cisolok Jumat pagi. Berbekal informasi itu, polisi langsung terjun dan mengamankan puluhan imigran itu dari sejumlah mobil yang mereka tumpangi.

Kuat dugaan, puluhan WNA yang seluruhnya berjenis kelamin laki-laki dewasa akan menyebrang ke Australia melalui pesisir Pantai Pelabuhan Ratu. Dari hasil pendataan sementara, ada 70 imigran. Namun tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah karena hingga kini aparat kepolisian masih mengembangkan kasus tersebut.

“Dari data sementara ada 70 orang. Mereka kami tangkap saat menumpang di berbagai kendaraan, seperti ojek dan angkot. Kita tangkap di sekitar pantai Cisolok. Di tempat itu ada perahu yang diduga sudah bersandar mengangkut mereka,” kata Kasatreskrim Polres Sukabumi, AKP Afrizal kepada Pos Kota.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Sukabumi, Isman Jayadi mengakui ada penangkapan WNA yang diduga ilegal.

“Informasi penangkapan WNA diduga ilegal, benar. Kini sudah diamankan di Mapolres Sukabumi di Pelabuhan Ratu. Namun, untuk datanya kami belum ada,” aku Isman.

Sebelumnya, sekitar pertengahan bulan ini Polres Sukabumi berhasil mengamankan 72 imigran gelap asal Iran dan Afghanistan di kawasan Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (sule/b)

Teks : Dokumentasi polisi sedang data imigran gelap