Thursday, 12 December 2019

Puluhan Bangunan di Bantaran Kali Dibongkar

Sabtu, 7 April 2012 — 15:05 WIB
luiar74

PENJARINGAN (Pos Kota) – Puluhan bangunan liar di bantaran Kali Baja, Jalan Raya Teluk Gong RW 16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara dibongkat petugas. Pembongkaran bangunan semi permanen itu dilakukan karena keberadaanya menyalahi aturan dan juga tidak memiliki izin. Selain itu di kawasan tersebut juga akan dilakukan penghijauan.

Lurah Pejagalan, Joni mengakui pihaknya membongkar puluhan bangunan itu karena tidak memiliki izin. “Sepuluh bangunan yang ada di bantaran yang dijadikan sebagai tempat tinggal dan tempat usaha terpaksa kami nongkar karena selain menganggu keindahan kota, keberadaan juga melanggar,”jelas Joni

Menurutnya, sebelumnya pihaknya sudah mengirim surat imbauan kepada warga agar membongkar bangunannya sendiri. Dalam pembongkaran tersebut tidak ada perlawanan dari pihak pemilik bangunan, bahkan mereka membongkat sendiri dengan dibantu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Penjaringan.

Diakui oleh Joni, keberadaan puluhan bangunan liar tersebut sudah berlangsung lama yakni sekitar 10 tahun. Namun, baru kali ini pihaknya membongkar bangunan dilakukan. “Sebelumnya kami sudah memberikan tiga kali surat teguran dan peringatan untuk melakukan pembongkaran. Bangunan itu dibongkar karena melanggar Perda No 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum,” terang Lurah didampingi oleh Wakil Lurah Pejagalan Soemarno.

Rohim, 37, salah seorang pemilik gubuk liar mengaku dirinya hanya bisa pasrah saat bangunannya dibongkar petugas. Bapak tiga anak itu mengaku salah mendirikan bangunan dipinggir kali tersebut. “Mau gimana lagi, memang tempat kami liar, jadi mau tidak mau harus pindah. Rencananya kami sekeluarga untuk sementara tinggal di rumah saudara di Bekasi,” katanya. (wandi)

Teks : Puluhan pemilik bangunan liar dibantu petugas Satpol PP membongkar bangunanya di sepanjang kali Baja. (wandi)