Thursday, 14 November 2019

Banjir Landa Tiga Desa di Way Kanan

Selasa, 10 April 2012 — 15:59 WIB
way104

LAMPUNG (Pos Kota) –Banjir yang melanda Tiga Desa yakni, Desa Kota Baru, Desa Sungang dan Desa Kota Bumi, di Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan, mengakibatkan terendamnya puluhan hektar lahan perkebunan kelapa sawit, jagung dan ketela serta beberapa infrastruktur, Senin (9/4) sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Sekdes Kota Baru Taufik tiga desa yang terkena banjir itu meliputi Kotabumi, Kotabaru dan Sungsang. Banjir terjadi setiap tahun pada saat musim penghujan tiba, disebabkan karena meluapnya Sungai Way Besay. Diperkirakan sejak pukul 01.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB, lamanya hujan deras mengguyur desa, hingga merendam puluhan hektar are lahan perkebunan dan infrastruktur.

Beberapa perahu sebagai transportasi untuk mengevakuasi warga berikut harta benda ke lokasi yang lebih tinggi. Warga takut akan adanya banjir susulan, “Jika nanti malam hujan turun dengan deras lagi, keadaan akan semakin parah,” kata Taufik.

Pada siang hari, banjir sudah mulai surut Sekdes yang dibantu beberapa warga lainnya melakukan pendataan terhadap warga pasca terjadinya banjir. Dari hasil pendataan tidak ada korban dalam peristiwa itu, dan mengenai total jumlah kerugian yang di derita, pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari warga desanya, ujar Taufik.(Koesma)