Wednesday, 13 November 2019

Yakin Juara Tingkat DKI

PKK Rorotan Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bertanam

Selasa, 24 April 2012 — 23:07 WIB
rorot244

CILINCING (Pos Kota) – Kelurahan Rorotan, Kec. Cilincing, Jakarta Utara optimis akan menjadi juara I dalam lomba pemanfaatan lahan kosong dan hatinya PKK tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PKK Pemkot Jakarta Utara, Nanik Bambang Sugiyono saat mendampingi tim penilai tingkat provinsi di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (24/4).

Diyakini wilayah tersebut sebagai juara karena istri Walikota Jakarta Utara, menilai, masyarakat khususnya di Kelurahan Rorotan dalam tiga tahun terakhir ini kesadarannya meningkat. Maka dari itu sejumlah kelurahan yang ada di Jakarta Utara beberapa kali menjadi juara baik tingkat kota maupun provinsi.

“Ini salah satu bukti bahwa, kesadaran masyarakat Jakarta Utara memanfaatkan wilayah sangat tinggi. Apalagi saat ini di Kelurahan Rorotan, banyak lahan kosong yang dimanfaatkan warga untuk ditanami berbagai tanaman, mulai cebe, tomat, sawi, lela, buah naga dan sejumlah tamanan lainnya,”kata Nanik Bambang Sugiyono yang didampingi Asisten Pembangunan Yuliadi.

Ditambahkan oleh Nanik, lahan-lahan itu sebelumnya dibiarkan kosong, namun berkat kekreatifan warga dan ibu-ibu PKK yang adan di kelurahan tersebut dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman yang bermanfaat. Bahkan sejumlah tanaman itu juga sudah menghasilkan, seperti buah naga, setiap tahun dua kali pemiliknya panen dan dijual. Begitu pula dengan lele, setiap tiga bulan sekali para pemilik bisa memanen antara 8 hingga 10 kwintal.

Ketua Tim Penilai lomba , Erna Maharanto, didampingi Rita Junaedi dan Umi Purwaningsih Tambah Suhadi, mengaku senang dengan apa yang telah dilakukan oleh ibu-ibu PKK dan warga di Kelurahan Rorotan. “Ini salah satu bukti bahwa ibu-ibu di sini ingin maju dan terus membangun wilayah. Saya melihat tanaman yang ada di tempat ini seluruhnya subur dan terawat,”jelas Erna Maharanto. (wandi)

Teks: Ketua Tim penilai Pemprov DKI Jakarta Erna Maharanti pakai kacamatan didampingi Nanik Bambang Sugiyono kiri dan Asisten Pembangunan Yuliadi dan Camat Cilincing Junaedi memanen tomat di RT 4/7, Rorotan. (wandi)