Thursday, 12 December 2019

Kota Bekasi Hanya Punya Sembilan Mobil Pemadam Kebakaran

Senin, 14 Mei 2012 — 14:52 WIB
bakarana145

BEKASI (Pos Kota) – Kota Bekasi, Jawa Barat dianggap rawan kebakaran. Namun mobil pemadam kebakaran (damkar)yang dimiliki Pemkot Bekasi masih kurang.

Karenanya Pemkot Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar dari APBD 2012 untuk membeli dua unit mobil damkar. Kepala Dinas Bangunan dan Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Safri, mengatakan, kasus kebakaran di wilayahnya tahun 2012 ini cukup tinggi. Dalam sepekan kemarin terjadi dua kebakaran besar.

Seperti kebakaran di Pasar Bintara Bekasi Barat yang menghanguskan 115 kios dengan kerugian miliaran rupiah. Kedua adalah kebakaran di Perumahan Villa Mutiara Gading Timur yang menewaskan satu orang bocah perempuan berusia 7 tahun.

Sebelumnya, kebakaran juga melanda rumah di Kampung Rawabambu Medan Satria yang menewaskan satu orang. “Beberapa pekan lalu kita dikejutkan dengan beberapa kasus kebakaran yang menyebabkan korban jiwa dan kerugian materi besar. Untuk itu, penambahan armada pemadam kebakaran menjadi sangat penting,” ujar Safri.

Dikatakan Safri, saat ini Pemkot Bekasi hanya mempunyai 12 mobil pemadam kebakaran dan satu stasiun pemadam yang berlokasi di Perumnas I Bekasi Barat. Dari 12 unit mobil yang dimiliki, hanya 9 unit mobil yang dapat dioperasikan, sementara 3 unit mobil lainnya dalam kondisi rusak parah akibat termakan usia.

“Armada Damkar milik Pemkot Bekasi sudah tidak memadai, karena hanya 9 yang bisa dioperasikan, itupun umurnya sudah tua semua,” kata dia.

Safri mengatakan, sudah mengajukan pos anggaran untuk menambahan unit Damkar di APBD 2012. Dirinya berharap dengan adanya dua unit Damkar baru, maka dalam menangani kejadian kebakaran dengan cepat. (Dieni)

Teks : Pemkot Bekasi masih kekurangan mobil pemadam kebakaran sehingga berniat membeli lagi. (dieni)