Sunday, 17 November 2019

Tim SAR Rusia Fokus Evakuasi Jenazah Daripada Cari Kotak Hitam Sukhoi

Selasa, 15 Mei 2012 — 20:19 WIB
rusia155

BOGOR (Pos Kota) – Ketua Tim SAR Rusia untuk evakuasi jenazah dan untuk mencari kotak hitam Sukhoi Super jet 100 di Indonesia, Cupalenkov mengatakan, pihaknya terus memfokuskan pencarian untuk korban manusia dibandingkan kotak hitam.

Menurutnya, dari awal pihaknya bersama tim Indonesia berkomitmen untuk membantu pelaksanaan evakuasi dengan mengutamakan korban jiwa. Untuk itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Indonesia dalam berbagai aspek.

Diakui Cupalenkov, kendala yang dihadapi dari awal sejak tiba di Gunung Salak adalah faktor cuaca yang selalu berubah-ubah dalam hitungan menit.

Hal ini menjadi penyebab penerbangan dengan heli yang dibawa langsung dari Rusia tidak maksimal. “Kami selalu berkoordinasi dengan Indonesia. jjdi apapun pergerakan kami selalu diketahui oleh Basarnas,”katanya.

Selama tiga hari keterlibatan mereka dalam evakuasi, pihaknya juga turun ke lokasi puing-puing pesawat dan menemukan beberapa jenazah dan beberapa puing-puing pewasat.

“Untuk Rabu (16/5) (hari ini), timnya akan kembali bergabung dengan tim Indonesia pergi kelokasi kecelakaan,”paparnya.

Cupalenkov mengaku, tim berjumlah 81 orang yang ia pimpin, hanya diperbolehkan melakukan aktifitas pencarian selama tiga hari di Gunung Salak Bogor.

Sementara terkait kotak hitam, Cupalenkov mengaku, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan ketua tim evakuasi, Kol Inf A.M.Putranto “Saya pastikan, bila tim Rusia menemukan Kotak hitam, maka sesuai aturan Internasional, barang tersebut harus diserahkan ke negara dimana kecelakaan tersebut terjadi,”ungkapnya.

Ditegaskan, tim identifikasi Rusia juga sudah mulai bekerja di RS Polri Kramatjati Jakarta untuk membantu proses identifikasi jenazah korban. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin,” tandas Cupalenkov. (yopi)

Teks : Helikopter Rusia ikut evakuasi korban Sukhoi

Terbaru

Lutfi JW. (mia)
Minggu, 17/11/2019 — 22:00 WIB
Bersama Roy Kiyoshi
Ruben Onsu Disarankan Undang Penuduh Pesugihan Makan Siang Bersama
Sebuah alat berat mulai mengeruk saluran air di Jalan Agung Perkasa VII, Tanjung Priok. (deny)
Minggu, 17/11/2019 — 21:47 WIB
Cegah Banjir, Saluran di Sunter Agung Direfungsi