Wednesday, 11 December 2019

Seribuan Pedagang Tuntut Pencopotan Dirut PD Pasar

Rabu, 30 Mei 2012 — 21:12 WIB
kantor-Pemko-Medan

MEDAN (Pos Kota) – Seribuan  pedagang tradisional dari sejumlah pasar di medan berunjukrasa, ke Kantor Wali Kota,  Rabu (30/5), guna mendesak Wali Kota mencopot Direktur Utama PD Pasar,  Beny Harianto Sihotang,  yang dituding telah meresahkan pedagang akibat sejumlah kebijakannya menaikkan sejumlah kutipan retribusi.

Aksi ini sempat  berlangsung ricuh saat pedagang berusaha mendobrak gerbang utama kantor Wali Kota.

Diawali dengan aksi berjalan kaki dari Bundaran Majestik, massa yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU) memusatkan aksinya di kantor Wali Kota di Jalan Kapten Maulana Lubis.

Sejumlah poster berisi kecaman terhadap Dirut PD Pasar Beny Harianto Sihotang terkait kebijakannya yang meresahkan pedagang. Begitu juga aksi teatrikal yang menggambarkan penderitaan pedagang akibat kebijakan sang Dirut turut mewarnai aksi.

Dalam orasinya, secara tegas mereka mengecam dan menolak kenaikkan empat kali lipat segala bentuk retribusi seperti jaga malam, parkir dan toilet yang dinilai pedagang sangat mencekik leher.

Aksi sempat ricuh saat petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja menutup pintu gerbang Kantor Wali Kota. Para pedagang yang berniat bertemu dengan Wali Kota Medan Rahudman Harahap, menggoyang pagar hingga situasi nyaris tak terkendali.

Akhirnya, perwakilan para pedagang diterima oleh pihak Pemerintah Kota Medan yang mewakili Walikota. Namun, para pedagang mengaku belum puas dan mengancam akan melakukan caranya sendiri untuk melengserkan Dirut PD Pasar. (samosir/dms)