Tuesday, 22 October 2019

47 Imigran Gelap Ditangkap di Pelabuhanratu

Minggu, 3 Juni 2012 — 16:39 WIB
imigran

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebanyak 47 imigran gelap asal Afghanistan diamankan jajaran Polres Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (3/6). Mereka tertangkap di pertigaan Bagbagan, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi ketika melaju ke Pantai Ciemas untuk menyebrang ke Pulau Cristmas, Australia.

Informasi yang dihimpun Pos Kota, penangkapan puluhan imigran gelap tersebut terjadi sekira pukul 02.00 WIB. Ketika disergap aparat kepolisian Polres Sukabumi, mereka menggunakan dua unit truk colt diesel. Mereka berangkat dari kawasan Cisarua, Bogor.

Setelah itu, aparat kepolisian menyerahkan puluhan imigran ini ke pihak Kantor Imigrasi Sukabumi. Saat ini, mereka masih ditampung di Hotel Sarah, Salabintana, Kabupaten Sukabumi untuk pendataan. Rencananya, mereka akan langsung dibawa ke Jakarta.

Kasat Intel Polres Sukabumi, AKP Sumaryoto menambahkan, selain menangkap puluhan imigran juga mengamankan empat orang yang membawa mereka menggunakan dua truk. Keempat orang itu yakni dua orang sopir dan dua orang kernet truk. Namun, dalam kasus ini belum ada penetapan tersangka. Soalnya, masih dalam penyelidikan dan penyidikan jajaran kepolisian setempat.

“Ada empat orang yang diamakan. Dan sekarang sudah dibawa ke kantor untuk diperiksa,” kata mantan Kapolsek Ciemas ini saat dihubungi Pos Kota.

Kasus serupa juga terjadi sekira akhir Maret lalu. Waktu itu, sekitar 70 lebih berhasil diringkus jajaran Polres Sukabumi di sekitar Pantai Cisolok.
Ditengarai, kawasan Pantai Selatan Sukabumi acapkali dijadikan jalur yang dilewati imigran gelap karena dianggap strategis yang hendak mencari suaka untuk menyebrang ke Pulau Christmas-Australia. Melalui perairan laut Sukabumi, termasuk Ciemas dianggap jarak tempuhnya cukup dekat. (sule)