Thursday, 21 November 2019

Kelurahan Pela Mampang

PKK dan Kader Posyandu Kawal Kesehatan Balita

Jumat, 8 Juni 2012 — 11:18 WIB
rachmi-sub

KEBERADAAN balita yang tumbuh sehat menjadi dambaan setiap orangtua. Siapapun orangnya. Terlebih lagi mereka pada hakekatnya merupakan generasi penerus bangsa yang harus dipupuk sejak dini. Tentunya selain sehat jasmani dan rohani, juga harus berkualitas, berbudi pekerti luhur, cerdas dan mandiri.

Upaya inilah yang kini terus digelorakan segenap warga di 157 RT dari 13 RW di Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Berbagai pelayanan kesehatan rutin diupayakan dalam memantau tumbuh kembang anak dan balita yang diadakan melalui pos pelayanan terpadu (Posyandu).

“Kesehatan sangatlah penting sebagai modal dasar setiap orang untuk menjalankan aktivitas dan peranannya. Khususnya bagi para balita dalam proses tumbuh kembang menjadi insan yang sehat, tangguh dan berkualitas,” kata Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Pela Mampang, Dody Irshad.

Dalam menunjang tujuan mulia itu, para warga bersama kader PKK dan pasukan kader Posyandu bersatu padu ‘mengawal’ 3.188 balita agar terjaga kesehatannya. Misalnya melalui kegiatan Gebyar Posyandu yang diadakan setiap tanggal 27 setiap bulan.

Salah satunya seperti yang dilakukan warga di RW 012. Di kawasan ini terdapat Posyandu ‘Belimbing III’  yang berlokasi di Jalan Bangka VIII RT 007/012. Ketua RW 012, Hj Maruyah menuturkan, kader PKK dan kader Posyandu secara berkala memantau status kesehatan dan tumbuh kembang para balita.

“Kami selalu mengajak para ibu rumah tangga untuk rajin-rajinlah membawa balitanya ke Posyandu agar senantiasa terpantau kesehatan dan tumbuh kembang,” kata tokoh warga Rw 012 ini, “Sebagai seorang ibu dituntut harus lebih peka akan kesehatan anak-anak, jangan sampai kecolongan.”

Ia menjelaskan di Posyandu, setiap balita memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS) yang bertujuan memantau perkembangan dengan mencatat berat badan dan tinggi badan, riwayat penyakit yang diderita hingga aspek penunjang lainnya yang juga penting untuk diketahui para kader Posyandu khususnya orangtua.

Serangkaian kegiatan rutin yang dilakukan mulai penimbangan, imunisasi, pemberian makanan tambahan seperti susu, bubur kacang hijau hingga makanan olahan bergizi lainnya yang dibutuhkan balita.

Lurah Pela Mampang, Achmad Basyaruddin, S.IP didampingi Ketua TP-PKK Kelurahan Pela Mampang, Laksmi Handayani menjelaskan, di wilayahnya ada 42 Posyandu yang tersebar di 13 RW di 157 RT. Pengelolaan seluruh Posyandu ini aktif dijalankan para pengurus berkolaborasi dengan pengurus LMK, RT/RW, Kader PKK, pamong, organisasi kemasyarakatan dan instansi terkait.

“Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan dasar dalam memantau kesehatan dan tumbuh kembang balita bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Selain kegiatan penimbangan balita, imunisasi juga diberikan penyuluhan kesehatan dalam menambah wawasan dan pengetahuan para ibu. Terutama menyangkut pemberian asupan makanan bergizi bagi anak dan balita. Tak ketinggalan terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam menunjang terpeliharanya kesehatan sekeluarga dan kepedulian lingkungan.

(rachmi/sir)

Teks Gbr- Lurah Pela Mampang, Achmad Basyaruddin, S.IP sedang memberi imunisasi kepada balita saat kegiatan di Posyandu ‘Belimbing III’ di RT 007/012 Kelurahan Pela Mampang, Jaksel. (rachmi)