Monday, 16 December 2019

Inggris vs Ukraina Saling Bunuh

Senin, 18 Juni 2012 — 23:50 WIB
England's national soccer coach Hodgson speaks to Rooney, Carroll and Gerrard as they inspect the pitch, ahead of their match against Ukraine, during the Euro 2012 at the Donbass Arena in Donetsk

DONETSK (Pos Kota) – Duel saling ‘bunuh’ bakal mewarnai partai pemungkas Grup D Piala Eropa 2012 antara Tim ‘Tiga Singa’ Inggris kontra tuan rumah Ukraina di Donbass Arena, Rabu (20/6) dinihari WIB.

Tidak hanya wajib meraih kemenangan guna membuka peluang ke babak perempatfinal, kedua tim juga harus mampu menepis keraguan setelah tampil kurang meyakinkan di laga terakhir.

Tiga Singa harus berjibaku untuk menjaga peluang ke fase selanjutnya saat menang tipis 3-2 atas Swedia pada laga kedua, akhir pekan lalu. Beruntung, kekalahan 0-2 yang ditelan Ukraina dari Prancis pada hari yang sama, membuat skuad asuhan Roy Hodgson itu duduk di urutan kedua, bersama pimpinan Grup D, Prancis dengan empat angka. Kali ini, skuad Hodgson akan mendapat ancaman dari Ukraina untuk mengamankan tiket ke perempatfinal.

Apalagi Hodgson dikabarkan masih bimbang dalam meracik strategi di lini depan, seiring kembalinya Wayne Rooney pasca menjalani sanksi skorsing dua pertandingan. Maklum, Hodgson menilai jika semua penyerang yang dimilikinya saat ini tampil dengan luar biasa.

“Bagi saya, ini masalah. Saya benar-benar senang dengan performa semua pemain depan yang saya miliki. Tapi Rooney adalah pemain yang spesial. Sulit rasanya untuk tidak memainkan dia,” tegasnya seperti disitat AFP.

BUKA CELAH

Di sisi lain, kebimbangan Hodgson itu bisa membuka celah bagi Ukraina untuk membuktikan taji mereka di negeri sendiri seperti di laga perdana. Ukraina sejatinya mampu memperlihatkan performa luar biasa saat membalikkan keadaan dengan mengalahkan Swedia 2-1 di laga perdana. Satu-satuanya permasalahan pelatih Oleg Blokhin saat ini adalah membangkitkan kembali moril para pemainnya pasca menyerah 0-2 oleh Prancis, akhir pekan lalu.

Tidak heran jika kehadiran Andriy Shevcenko dirasa perlu untuk mendongkrak rasa percaya diri Ukraina saat menghadapi Inggris. Apalagi Piala Eropa 2012 menjadi turnamen terakhir bagi Shevcenko sebelum dirinya memutuskan pensiun dari timnas Ukraina. “Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak bisa memberikan yang terbaik di hadapan fans kami sendiri. Ini adalah laga yang menentukan bagi kami dan saya secara pribadi,” tandas pemain bomber berusia 35 itu.

Perlu dicatat, pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2010 zona. Saat itu, Ukraina kalah 1-2 oleh Inggris pada pertemuan pertama di Stadion Wembley, 2 April 2009 lalu, sebelum menang 1-0 di Dnipro Arena, enam bulan kemudian. Ukraina terancam bisa menjadi tuan rumah kelima setelah Polandia yang gagal melaju ke fase grup sejak Piala Eropa 1996, jika mereka kalah dari Inggris pada laga nanti. (junius/b)

REKOR PERTEMUAN:
10-10-09, Ukraina v Inggris 1-0
02-04-09, Inggris v Ukraina 2-1
18-08-04, Inggris v Ukraina 3-0
31-05-00, Inggris v Ukraina 2-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Inggris (4-2-3-1): Hart (kiper); Johnson, Terry, Lescott, Cole; Gerrard, Parker; Walcott, Rooney, Young; Welbeck.
Ukraina (4-1-3-2): Pyatov (kiper); Husyev, Mikhalik, Khacheridi, Selin; Tymoshchuk; Yarmolenko, Nazarenko, Konoplyanka; Voronin, Shevchenko.