Monday, 18 November 2019

Berkas Perkara UNJ Dilimpahkan

Rabu, 20 Juni 2012 — 19:26 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Kejaksaan Agung segera akan melimpahkan berkas perkara Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan tersangka Pembantu Rektor III Fakhrudin dan Dosen Fakultas Teknik UNJ Tri Mulyono, dalam perkara pengadaan alat laboratorium ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Penuntut tengah meneliti kelengkapan berkas perkara dua tersangka. Sesuai ketentuan undang-undang, bila sudah lengkap tentu secepatnya ditindaklanjuti (ke pengadilan),” kata Kapuspenkum Adi Toegarisman di Kejagung, Rabu.

Menurut Adi, institusinya sangat berkeyakinan berkas perkara dapat dituntaskan, sebab semua pihak sudah diperiksa. “Tercatat kurang lebih 42 saksi diperiksa termasuk pihak-pihak terkait lainnya. Bahkan Rektor UNJ sudah ikut diperiksa sebagai saksi.”

Dari sumber di gedung bundar, pihak-pihak yang telah diperiksa, adalah Mindo Rosalina Manullang, Yulianis serta unsur lain yang tergabung dalam grup usaha Permai. Grup ini terkait dengan perusahaan pemenang tender, PT Marel Mandiri dan disubkontrakan ke PT Anugreah
Nusantara.

Sempat berkembang isu, sejumlah petinggi Grup Permai akan diperiksa. Namun sampai kini tokoh-tokoh puncak yang dekat dengan elit kekuasaan tak kunjung diperiksa. Padahal, berbagai alat bukti mengarah kesana. Namun karena adanya kesepakatan dengan KPK, pihak swasta diperiksa oleh KPK, khususnya terkait proyek serupa di 16 universitas.

Kasus ini berawal dari pengadaan alat-alat laboratorium di UNJ, tahun anggaran 2010
dengan alokasi Rp17 miliar. Namun dalam perjalannya, proyek tidak sesuai ketentuan dan bahkan alat-alat tidak sesuai spesifikasi dan negara diduga dirugikan sekitar Rp5 miliar. (ahi/dms)