Friday, 06 December 2019

Polres Purwakarta Gelar Lomba Kampung Aman

Kamis, 21 Juni 2012 — 16:47 WIB
Darangdan216

PURWAKARTA (Pos Kota) – Desa Linggamukti yang berada di Kecamatan Darangdan, Kab Purwakarta, Jawa Barat, menjadi desa pertama yang dikunjungi Tim Penilai Lomba Cipta Kampung Aman (LCKA). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT Bhayangkara .

AKP Agus Riyadi, Ketua Tim Penilai LCKA, yang membawa serta stafnya Ipda Sudarti diterima Kades Linggamukti Kaneng Sunarya Darja di Aula Kantor Desa Linggamukti, Kamis (21/6).

Tim penilai dan unsur Muspika Kecamatan Darangdan terdiri Camat Agus S, Kapolsek Darangdan AKP Nurtjahya, dan Danramil Darangdan kemudian bertatap muka dengan tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, petugas linmas dan anak-anak perguruan pencak silat Mande Buhun. Pertemuan itu diselipi sesi tanya jawab.

Agus Riyadi mengatakan, lomba cipta kampung aman ini kali pertama diselenggarakan Polres Purwakarta. Kegiatan ini mengadopsi cipta kampung aman di Polres Cirebon yang menjuarai perlombaan ditingkat Kepolisian Daerah Jawa Barat.

“Sasaran cipta kampung aman ini meminimalisir gangguan kamtibmas, menegakkan K3 dan menciptakan situasi aman, nyaman dan tentram dimasyarakat,” ujar Agus, yang juga menjabat Kasat Narkoba Polres Purwakarta. Adapun salah satu indikator penilaian cipta kampung aman, lanjut Agus, semula gangguan kamtibmas di suatu desa menonjol, perlahan-lahan berkurang.

Ipda Sudarti menambahkan, sesuai tema lomba cipta kampung aman, diharapkan menjadi perangsang bagi masyarakat untuk berperan aktif menciptakan lingkungan aman dan kondusif. “Menciptakan rasa aman ini bukan tugas aparat saja melainkan menjadi tugas bersama melibatkan masyarakat,” tandasnya.

Sudarti memaparkan, istilah kampung melekat dengan karakter masyarakatnya yang menjaga nilai nilai luhur budaya, semangat gotong royong dan kebersamaan serta tidak terkontaminasi dengan globalisasi. ” Sehingga dinamai cipta kampung aman. Diharapkan, tertanam pada diri masyarakat untuk menciptakan lingkungan aman gangguan kamtibmas,” tegasnya.(dadan)

Teks : Ketua Tim Penilai LCKA AKP Agus Riyadi menerima plakat dari Kades Linggamukti, Kaneng S Dirja, di Aula Kantor Desa Linggamukti,Kec Darangdan, Purwakarta, Kamis (21/6)