Sunday, 15 December 2019

Dukung Pengoperasian APTB

Jumat, 22 Juni 2012 — 9:18 WIB

LEGALAH napas kita jadinya. Pemprov DKI Jakarta bersama Pemkot Bekasi dan Tangerang  akhirnya berhasil mengoperasikan  angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB).  Angkutan umum ini berfungsi sebagai pengumpan Bus Transjakarta.

Itu artinya jutaan penduduk dari dan menuju Bekasi – Jakarta – Tangerang punya pilihan jitu agar bisa memperbaiki mutu kehidupannya. Perjalanan memanfaatkan busway dapat menghemat biaya. Perjalanan sehari-hari juga  menjadi tambah aman dan nyaman.

Pengoperasian APTB beberapa waktu lalu diprotes sekelompok awak angkot  serta buskota model lama. Alasannya, mengancam sumber nafkah.  Setelah tahu persis  beda  trayek, cairlah emosi pihak pemrotes.

Fungsi Busway Transjakarta berikut bus pengumpannya untuk melayani kebutuhan angkutan warga. Manfaat ikutannya bisa mengurangi kemacetan lalulintas. Sarana transportasi massal ini dikelola secara modern, sehingga awak bus tidak dikejar-kejar setoran. Penumpang juga terlindungi dari rongrongan pencopet atau kawanan perampok jalanan.
Pemrov DKI mengoperasikannya sejak 15 Januari 2004 pada Koridor Blok M – Kota.  Secara bertahap jumlah lintasan bertambah. Pada tahun ini  tersedia 11 koridor. Kehadiran APTB memperkokoh fungsi busway, utamanya bagi warga Bodetabek.

Ke depan, selayaknya pemerintah pusat dan daerah tidak ragu-ragu lagi mengembangkan pola angkutan massal yang sudah ada.  Daripada membangun tol dalam kota, kita memilih angkutan umum massal karena selain jelas manfaatnya juga jauh dari bencana.
Tol dalam kota cepat atau lambat menjadi sumber malapetaka. Kehadirannya merangsang warga kota memiliki dan memakai mobil.  Tambah banyaknya mobil beroperasi, maka kemacetan lalulintas semakin parah.

Pencemaran udara berasal dari asap mobil tanpa kecuali meracuni penduduk kota. Kerugian lainnya berupa pemborosan uang  setahun mencapai triliunan rupiah akibat kendaraan  terjebak macet . Ironisnya,  pemerintah masih saja  tergiur rayuan investor membangun jalan tol.  Terakhir dikabarkan bakal dibangun tol menghubungkan Cibubur –Senayan.

Konsep paling tepat untuk meningkatkan mutu kehidupan di kota kita tiada lain pengoperasian transportasi massal yang aman dan nyaman. Sambil menunggu dimulainya pembangunan kereta bawah tanah atau subway, maka pemerintah pusat bersama Pemrov DKI Jakarta dan Pemko Bodetabek hendaknya segera memperbaiki layanan Bus Transjakarta.

Armada reot, misalnya saja yang beroperasi pada Koridor Blok M- Kota tidak layak lagi mengangkut penumpang.  Kita mendukung  busway berikut APTB karena Jakartaku adalah harapanku. ***

  • Ginting

    Kami dari dari Bogor menunggu rute Bus Bogor ke beberapa titik di Jakarta / APTB dari Bogor lewat tol Jagorawi masuk jalur busway Cawang UKI terus ke Grogol, Senen bisa juga ke Bekasi. Pasti banyak peminatnya mobil pribadi sudah bisa diparkir di rumah sehingga akan mengurangi kemacetan.

  • Ginting

    Kami dari dari Bogor menunggu rute Bus Bogor ke beberapa titik di Jakarta / APTB dari Bogor lewat tol Jagorawi masuk jalur busway Cawang UKI terus ke Grogol, Senen bisa juga ke Bekasi. Pasti banyak peminatnya mobil pribadi sudah bisa diparkir di rumah sehingga akan mengurangi kemacetan.

Terbaru

Anggota Komisi I  DPR RI, Sukamta. (rizal)
Minggu, 15/12/2019 — 19:17 WIB
UU Kewarganegaraan Ancam Imigram Muslim
PKS Desak Pemerintah Panggil Kedubes India
CEO Sahara Farah menerima piagam penghargaan dari Muri atas pemecahan rekor Gebyar 10.000 Warung. (ist)
Minggu, 15/12/2019 — 18:55 WIB
Gelar GEBYAR 10.000 WARUNG, SAHARA Ukir Rekor MURI
Kabel utilitas di Pondok Ungu semrawut. (chotim)
Minggu, 15/12/2019 — 18:03 WIB
Kabel Utilitas di Pondok Ungu Semrawut
DUL-15-12
Minggu, 15/12/2019 — 17:59 WIB
Satu Untuk Semua