Wednesday, 20 November 2019

Hari ini Digelar Ngubek Setu

Sabtu, 23 Juni 2012 — 1:37 WIB
ilussetu

BOGOR (Pos Kota) –Hari ini Sabtu 23 Juni 2012, warga Bogor akan menggelar ngubek setu. Tepatnya di Setu Gede di Kelurahan Situ Gede, Kecematan Bogor Barat.Dua ton ikan akan diubek-ubek alias diperebutkan oleh warga dan cara menangkapnya.

Untuk itu Kamis malam, sejumlah tokoh masyrakat bersama warga setempat menggelar selamta ritulah di sekitar setu. Sebelumnya, Gubernuru Jabar Ahmad Heryawan menebar 2 ton ikan di setu itu.

“Kegiatan ini untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT, agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan lancar,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Maysrakat (LPM) Situ Gede Umar Sanusi, Jumat. Ritual ini dilakukan dengan membaca ayat suci Alquran dan salawat Nabi Muhamwan SAW.

Selain meminta keselatan, dia juga mengatakan, warga sejak Kamis malam hingga Sabtu pagi menjaga di sekitar setu. “Penjagaan ini semata-mata mencegah perbuatan orang-orang jahil yang mengambil ikan di malam hari,” tambahnya.

Sebelumnya Gubernur Jabar memberikan 2 ton ikan buat acara ngubek setu tersebut. Ikan-ikan tersebut diantaranya ikan mas, nila, mujahir, gurame dan tawes.
Ngubek Setu merupakan kegiatan menangkap ikan secara beramai-ramai dan biasanya dilakukan menjalang Bulan Ramadhan. Tahun ini dikaitkan dengan HUT Bogor ke 530 yang juga bertepatan menjelang bulan puasa.

Masyarakat turun ke Situ Gede dan menangkap ikan dengan menggunakan rakit dan alat penangkap ikan lainnya seperti jala atau jaring.

“Sebanyak 100 rakit yang terbuat dari bambu telah disiapkan oleh masyarakat setempat. Rakit bambu berukuran sekitara lima meter dengan lebar satu meter,” katanya. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bagia yang ikut dapat mendaftar ke panitia penyelenggara di Kelurahan Situ Gede. (iwan/b)

Tesk ; Warga sekitar menjaga Setu Gede agar ikan-ikan tak diambil tang-tagan jahi. (iwan)