Tuesday, 19 November 2019

Ngubek Setu di Bogor,Gubernur Jabar Ikut Tangkap Ikan

Sabtu, 23 Juni 2012 — 9:07 WIB
selamatan

BOGOR (Pos Kota) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka pesta rakyat ngubek setu dalam puncak acara Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530, di area  Situ Gede Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (23/6).

“Pak Gubernur rencananya akan membuka langsung acara ngubek setu pada pukul 09.00 wib, sekaligus akan turun ke Situ Gede berbaur dengan masyarakat mengambil ikan beramai-ramai, “ Kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Umar Sanusi.

Sehari menjelang pelaksanaan ngubek setu, ratusan warga Situ Gede menggelar selamatan di sekitar area.

“Ritual  oleh warga untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT, agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan lancar,“kata Umar.

Sementara itu sikap kompak dan kebersamaan ditunjukkan segenap elemen masyarakat Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat, mulai dari RT, RW, tokoh Ulama,  masyarakat  hingga LPM nya.

Sejak ikan sumbangan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebanyak 2 ton diturunkan ke dalam situ, Selasa (19/6/2012), mereka secara bergiliran menjaganya selama 24 jam siang dan malam.

Menurut Umar, penjagaan arena Situ Gede dilakukan guna mencegah perbuatan orang-orang yang mengambil ikan di malam hari, para RT , RW, tokoh  dan masyarakat secara bergiliran piket di sekitar situ.

“Ini adalah bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap pelaksanaan ngubek setu,”paparnya sambil menambahkan, tim penjaga setu dibagi dua shift, dengan jumlah anggotanya masing-masing 10 orang.

(yopi/soes)